IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Movi Riana Rahmawanti Universitas Ibn Khaldun
  • umi fatonah
  • Maulidia Rachmawati Nur
  • ani safitri
  • ria maisalinia

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v6i1.21421

Abstract

Pengabdian ini memiliki fokus pada implementasi pembelajaran interaktif berbasis digital untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini. Program ini dilaksanakan melibatkan sekelompok anak usia dini dalam beberapa sesi pengajaran. Tujuan utama dari pengabdian ini adalah untuk mengintegrasikan teknologi digital secara efektif dalam proses pembelajaran, memanfaatkan potensi media seperti YouTube, permainan edukasi, dan aplikasi interaktif lainnya. Metode yang digunakan mencakup pendekatan partisipatif, di mana anak-anak diajak untuk terlibat secara langsung dalam aktivitas digital yang dirancang untuk merangsang kreativitas, kemampuan kognitif, dan motorik halus. Sesi pembelajaran dirancang secara tematik, dengan setiap sesi difokuskan pada materi yang relevan dengan kurikulum anak usia dini, seperti pengenalan huruf, angka, bentuk, dan warna, serta konsep dasar sains dan seni. Penggunaan media digital dipilih untuk menyajikan materi ini secara visual dan audio yang menarik, jauh dari metode ceramah tradisional yang cenderung pasif. YouTube digunakan untuk menayangkan video edukasi yang ceria dan informatif, sementara permainan edukasi dimanfaatkan untuk mengubah konsep belajar menjadi pengalaman yang menyenangkan dan kompetitif secara sehat. Hasil observasi selama program menunjukkan bahwa pembelajaran interaktif berbasis digital berhasil menciptakan suasana belajar yang dinamis dan menyenangkan. Anak-anak menunjukkan tingkat partisipasi dan antusiasme yang sangat tinggi. Mereka tidak hanya pasif menerima informasi, tetapi juga secara aktif berinteraksi dengan konten digital, menjawab pertanyaan, dan menyelesaikan tantangan dalam permainan. Tingkat kegembiraan dan keterlibatan yang tinggi ini menandakan bahwa pendekatan ini efektif dalam mempertahankan perhatian anak usia dini. Selain itu, para guru juga memberikan respons yang sangat positif. Mereka melihat manfaat signifikan dari integrasi teknologi, termasuk kemudahan dalam menyampaikan materi yang kompleks dan potensi untuk personalisasi pembelajaran.

Downloads

Published

2025-05-25

How to Cite

Rahmawanti, M. R., fatonah, umi, Nur, M. R., safitri, ani, & maisalinia, ria. (2025). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 8–15. https://doi.org/10.32832/edukha.v6i1.21421

Most read articles by the same author(s)