Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Untuk Siswa Kelas IV MI Hidayatul Khoeriyah

Authors

  • Reza Ibnusina Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Yeni Raini Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Maimunah Raini Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Muhyidin Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Muhyidin Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v5i1.17086

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan dan mengetahui pengembangan media pembelajaran flashcard. Pada penelitian ini menggunakan jenis pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan model ADDIE merupakan akronim dari Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Lima elemen tersebut merupakan tahap-tahap yang harus dilalui dalam mengembangkan suatu media. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mana menggunakan metode wawancara dan observasi langsung ke tempat. Penelitian ini dikhususkan untuk kelas 4 di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Khoeriyah. Dengan hasil analisis kebutuhan yang sudah didapatkan maka dapat disimpulkan bahwa perlu adanya media pembelajaran yang bersifat visual atau lebih spesifik media pembelajaran flashcard untuk meningkatkan minat peserta didik ketika belajar bahasa arab dan dapat meningkatkan nilai rata – rata yang sebelumnya sangat kurang menjadi lebih baik.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Ibnusina, R., Raini, Y., Raini, M., Nurzaelani, M., & Fatonah, U. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Untuk Siswa Kelas IV MI Hidayatul Khoeriyah. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 25–29. https://doi.org/10.32832/edukha.v5i1.17086

Most read articles by the same author(s)