Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mahfudzot Kelas 1 KMI (Kulliyatu-L-Mu’allimin Al-Islamiyah) Di Pondok Pesantren Modern Darun Na'im Yapia

Penulis

  • Hendra Prasetyo Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Mohammad Nurzaelani Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Afif Wiranata Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v5i1.17091

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan bahan ajar pada mata pelajaran Mahfudzot kelas 1 KMI (Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru yang mengampu mata pelajaran mahfudzot kelas 1 KMI (Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah). Pengumpulan data menggunakan cara wawancara kepada guru yang berkaitan. Hasil observasi menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan oleh guru masih terbilang biasa saja, terbukti ketika guru pengampu pelajaran Mahfudzot menyiapkan materi ajar  yang masih menggunakan buku cetak, yang mana buku cetak tersebut bersifat tidak fleksibel, maka bahan ajar yang dibutuhkan pendidik yaitu bahan ajar yang mampu memudahkan pendidik untuk memahami materi pelajaran yang bersifat fleksibel serta membutuhkan bahan ajar yang tidak  monoton sehingga membuat pendidik ikut  berperan aktif dalam menyiapkan materi ajar dan ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Model pembelajaran yang digunakan guru ketika mengajar beragam, dengan menggunakan pendekatan ceramah, tanya jawab, diskusi, dan hafalan. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang perlu dikembangkan untuk memudahkan guru pengampu mata pelajaran Mahfudzot yaitu dengan cara di kembangkan bahan ajar elektronik berbasis flip book.

Diterbitkan

2024-06-25

Cara Mengutip

Prasetyo, H., Nurzaelani, M., & Wiranata, A. (2024). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mahfudzot Kelas 1 KMI (Kulliyatu-L-Mu’allimin Al-Islamiyah) Di Pondok Pesantren Modern Darun Na’im Yapia. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 43–48. https://doi.org/10.32832/edukha.v5i1.17091

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama