IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN PERTANIAN DI PONDOK PESANTREN MELALUI PROGRAM AGRIBISNIS

Authors

  • A. Sirojudin SMA Darussalam Purwasari
  • Abas Mansur Tamam Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Maemunah Sa’diyah Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/fikrah.v3i1.20522

Abstract

Pendidikan yang berorientasi ke perkotaan telah menyebabkan terlantarnya lahan-lahan pertanian di desa dan menjadi faktor pendorong atas tingginya laju urbanisasi. Pesantren Al-Ittifaq merupakan sebuah lembaga pendidikan yang cukup berhasil dalam melakukan pendidikan pertanian sekaligus mengangkat ekonomi masyarakat Desa Alamendah melalui kegiatan agribisnisnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Studi terhadap kurikulum Agribisnis Pesantren Al-Ittifaq bertujuan untuk menggambarkan suatu model kurikulum bagi pendidikan yang berkarakter pedesaan. Sehingga melalui penerapan kurikulum agribisnis yang dijalankan Al-Ittifaq diharapkan dapat memberikan suatu model pendidikan yang terbukti berhasil menyiapkan sumberdaya manusia yang mampu mengelola pertanian di pedesaan dan menurunkan laju urbanisasi.

Downloads

Published

2019-06-23

How to Cite

Sirojudin, A., Tamam, A. M., & Sa’diyah, M. (2019). IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN PERTANIAN DI PONDOK PESANTREN MELALUI PROGRAM AGRIBISNIS. FIKRAH, 3(1), 22–33. https://doi.org/10.32832/fikrah.v3i1.20522

Issue

Section

Artikel