Manajemen sumber daya manusia untuk meningkatkan mutu pendidikan tahfidz di Markaz Ashhabul Qur’an

Authors

  • Yenni Fitriani UIN Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi
  • Iswantir Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i3.15619

Keywords:

mutu pendidikan, pembelajaran tahfidz, sumber daya manusia

Abstract

Learning in this school is more dominant tahfidz learning, but the teachers who teach are more from general education majors. The process of recruiting teachers (educators) who teach tahfidz, tends to only see the enthusiasm and desire of teachers in teaching, because it is not linear with the lessons they teach. However, in the learning process the teacher is very good at nurturing students, patient in educating, it's just that the learning is less effective because the mastery of the knowledge taught is still lacking. Educators also determine the success of students, which has a lot to do with the teaching and learning process. Because teachers are the most influential component in the creation of quality educational processes and outcomes. The elements needed to improve the quality of education are: quality planning by setting the vision, mission and objectives of Islamic education, compiling a curriculum that is relevant to the needs of the times, choosing effective teaching methods and evaluating the learning process and student achievement.

Abstrak

Pembelajaran pada sekolah ini lebih dominan pembelajaran tahfidz, akan tetapi guru yang mengajar lebih banyak dari jurusan pendidikan umum. Proses perekrutan guru (pendidik) yang mengajar tahfidz, cenderung hanya melihat semangat dan keinginan guru dalam mengajar, karna tidak linear dengan pelajaran yang diajarnya. Akan tetapi dalam proses pembelajarannya guru sangat bagus dalam mengayomi siswa, sabar dalam mendidik, hanya saja pembelajarannya kurang efektif karna penguasaan ilmu yang diajarkan masih kurang. Pendidik juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik, besar kaitannya dengan proses belajar mengajar. Karena guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Unsur-unsur yang diperlukan dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah: perencanaan mutu dengan menetapkan visi misi dan tujuan pendidikan Islam, menyusun kurikulum yang relevan dengan kebutuhan zaman, memilih metode pengajaran yang efektif dan melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran dan prestasi siswa.

References

Agustin, P., & Effane, A. (2022). Model Pengembangan Peningkatan Mutu Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Mutu Berbasis Sekolah. Karimah Tauhid, 1, 903–907.

Alejos, H. (2017). الابتزاز الإلكتروني.. جرائم تتغذى على طفرة «التواصل ال. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7. http://www.albayan.ae

Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia. (2005). Undang-Undang (UU) tentang guru dan dosen nomor 14. Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia, 2.

Indonesia, R. (2003). Presiden republik indonesia.

Jaya, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan SMART Ekselensia Indonesia. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 7(02), 3-10.

Kasus, S., Sekolah, P., Di, R., & Petompon, S. D. N. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Sekolah (Studi Kasus Pada Sekolah Regrouping Di SDN Petompon 02). Educational Management, 3(2), 74–79.

Latifah, N. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Educator : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(2), 175–183. https://doi.org/10.51878/educator.v2i2.1307

Prayoga, A., Noorfaizah, R. S., Suryana, Y., & Sulhan, M. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Quran Berbasis Metode Yaddain Di Mi Plus Darul Hufadz Sumedang. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 140-156.

Suryana, N., Dina, & Nuraeni, S. (2018). Manajemen Tahfidz Al Qura’an. Jurnal Islamic Education Manajemen, 3(2), 220–230.

Susan, E. (2019). Manajemen sumber daya manusia. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 952-962.

Downloads

Published

2023-12-16

How to Cite

Yenni Fitriani, & Iswantir. (2023). Manajemen sumber daya manusia untuk meningkatkan mutu pendidikan tahfidz di Markaz Ashhabul Qur’an. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(3), 280–289. https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i3.15619

Issue

Section

Articles