Analisis butir soal Asesmen Akhir Sumatif (AAS) mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI di MAN 1 Rokan Hulu
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i6.17934Keywords:
Analisis Butir Soal, Asesmen Akir Sumatif, Akidah AkhlakAbstract
This research is motivated by the fact that the assessment items for the Final Summative Assessment (AAS) of the Akidah Akhlak subject for the XI grade at MAN 1 Rokan Hulu have not been analyzed for their validity, reliability, difficulty index, distinguishing power, and distractors. Teachers should conduct an item analysis before administering the assessment to students. Additionally, many students scored below the Minimum Competency Criteria (KKM), which for the Akidah Akhlak subject in XI grade at MAN 1 Rokan Hulu is 75. The purpose of this research is to evaluate the quality of the assessment items for the Final Summative Assessment (AAS) of the Akidah Akhlak subject for XI grade at MAN 1 Rokan Hulu. The research method used is quantitative descriptive. The population and sample in this study consist of all XI grade students at MAN 1 Rokan Hulu who participated in the Final Summative Assessment (AAS) for the 2023/2024 academic year, totaling 80 students. Data analysis was conducted through a quantitative item analysis of the assessment items for the Final Summative Assessment of the Akidah Akhlak subject, focusing on their validity, reliability, difficulty index, distinguishing power, and distractors, using Microsoft Excel. The results of the study indicate that there are 6 items (15%) that are not usable, 27 items (67.5%) that can be used with revisions, and 7 items (17.5%) that can be used without revisions. In conclusion, there are 6 items that are of poor quality and cannot be used for assessment. Meanwhile, the remaining 34 items can be included in the question bank and used for future assessments.
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh butir soal Asesmen Akhir Sumatif mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MAN 1 Rokan Hulu belum dilakukan analisis terhadap butir soalnya, baik itu validitasnya, reliabilitasnya, indeks tingkat kesukarannya, daya pembedanya, dan juga pengecohnya (distractor). Seharusnya guru telah melakukan analisis butir soal terlebih dahulu sebelum soal tersebut diujikan kepada peserta didik. Selain itu, masih banyak peserta didik yang memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dimana KKM mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MAN 1 Rokan Hulu adalah 75 (tujuh puluh lima). Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Asesmen Akhir Sumatif (AAS) mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MAN 1 Rokan Hulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MAN 1 Rokan Hulu yang telah mengikuti Asesmen Akhur Sumatif (AAS) Akidah Akhlak tahun pelajaran 2023/2024, yaitu sebanyak 80 peserta didik. Teknik analisa datanya yaitu dengan melakukan analisis butir soal secara kuantitatif terhadap butir soal Asesmen Akhir Sumatif mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MAN 1 Rokan Hulu ditinjau dari validitasnya, reliabilitasnya, indeks tingkat kesukarannya, daya pembedanya, dan juga pengecohnya (distractor) dengan menggunakan bantuan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 butir soal (15%) yang tidak dapat digunakan, 27 butir soal (67,5%) yang dapat digunakan dengan revisi, dan 7 butir soal (17,5%) yang dapat digunakan tanpa revisi. Kesimpulannya adalah terdapat 6 butir soal yang memiliki kualitas tidak baik, sehingga tidak dapat digunakan untuk asesmen. Kemudian 34 butir soal lagi dapat digunakan dan dimasukkan ke dalam bank soal, butir soal tersebut dapat digunakan kembali pada asesmen selanjutnya.
References
Arikunto, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Farida & Musyarofah, A. (2021). ‘Validitas Dan Reliabilitas Dalam Analisis Butir Soal’, Al-Mu’Arrib: Journal of Arabic Education, 1(1), 34–44 https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v1i1.2100
Jayusman, I. & Shavab, O. A. K. (2020) ‘Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah’, Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180>.
Prastika, Y. D. (2021).‘Pengaruh Validitas, Reliabilitas Dan Tingkat Kesukaran Terhadap Kualitas Butir Soal Ekonomi Menggunakan Software Anates Di SMKN 3 Bangkalan’, STKIP PGRI Bangkalan, 1–11. http://repo.stkippgri- bkl.ac.id/id/eprint/1092
Radja, S. P. Dkk. (2023). ‘Analisis Kualitas Butir Soal Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Tingkat Kesukaran, Daya Beda Dan Efektivitas Pengecoh Di Sman 1 Pandawai’, Jurnal Edusavana 1(1), 30–41. http://orcid.org/0000-0003-1156-6758
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Cetakan Ke Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nofrisa Rahmadani, Ulva Rahmi, Yelfi Dewi, Eka Rizal, Wedra Aprison
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.