Hubungan peran guru Pendidikan Agama Islam dengan karakter beragama siswa di SMA
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i4.19947Kata Kunci:
Guru PAI, karakter beragama, pendidikan Islam, pembentukan karakterAbstrak
This study aims to analyse the relationship between the role of Islamic Religious Education (PAI) teachers and students religious character at Dwiwarna High School in Bogor Regency. The role of Islamic Education Teacher is not only as a teacher, but also includes functions as a guide, role model, and motivator in the formation of students religious character. A quantitative approach was used in this study with a correlational method. The research sample was 45 students from classes X and XI who were selected throught purposive sampling technique. The instrument used was a questionnaire that had been tested for validity and reliability. The results showed a significant positive relationship between the role of PAI teachers and students religious character (r = 0,561, p < 0,05). This finding reinforces the importance of optimising the role of PAI teachers in fostering students spiritual character.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan karakter beragama siswa di SMA Dwiwarna Kabupaten Bogor. Peran Guru PAI tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga mencakup fungsi sebagai pembimbing, teladan, dan motivator dalam pembentukan karakter religius siswa. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode korelasional. Sampel penelitian sebanyak 45 siswa dari kelas X dan XI yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara peran guru PAI dengan karakter beragama siswa (r = 0,561, p < 0,05). Temuan ini memperkuat pentingnya optimalisasi peran guru PAI dalam membina karakter spiritual peserta didik.
Referensi
Atiqya, A. B., Fanani, A. I., & Irawan. (2023). Penerapan Metode Penelitian Kuantitatif Dalam Manajemen Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 39–45. Diambil dari https://doi.org/10.5281/zenodo.8378437.
Bahtiar, A. R. (2017). Prinsip-Prinsip Dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 149–158. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i2.368
Fahruddin, A. H., & Sari, E. N. T. (2020). Implementasi Kode Etik Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 151. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i2.643
Faishol, R., Fadlullah, M. E., Hidayah, F., Fanani, A. A., & Silvia, Y. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motifator Dalam Membentuk Akhlak Siswa di MTs An-Najahiyyah. jurnah ilmiah pendidikan panasila dan kewarganegaraan (JPPKn), 6(1), 43–51.
Fauziatun, N., & Misbah, M. (2020). Relevansi Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) dengan Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan, 8(2), 142–165. https://doi.org/10.24090/jk.v8i2.5260
Iqbal, M., Panjaitan, A. Y., Helvirianti, E., Nurhayati, N., & Ritonga, Q. S. P. (2024). Relevansi Pendidikan Karakter dalam Konteks Pendidikan Islam: Membangun Generasi Berkarakter Islami. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 13–22. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.568
Lestari, A., & Sinaga, B. (2021). Implementasi Metode Backpropagation Memprediksi Tingkat Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs.S Ummi Lubuk Pakam. Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKOMSI), 3(3), 251–276. Diambil dari https://doi.org/10.9767/jikomsi.v3i1.1.120
Maghfira Salsabilla, -, N. I. P. C., & Nanda Aditya Putri. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Pada Siswa Sekolah Dasar Di Era Revolusi Industri 4.0. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 20(1), 82–96. https://doi.org/10.53515/qodiri.2022.20.1.82-96
Mudrik, M. (2023). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Moderat Siswa di Sekolah: Sebuah Analisis Pedagogi Sosial. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 2011–2017. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1795
Nasution, F. (2020). Kedatangan dan Perkembangan Islam ke Indonesia. Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 11(1), 26–46. https://doi.org/10.32923/maw.v11i1.995
Rahman, A., & Pewangi, M. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam pada Supervisi Pendidikan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. 13(3), 4031–4044.
Rahmawati, H., Iskandar, S., Rosmana, P., Nabilah, A. P., Rahmawati, A., Herlina, P., & Agustiani, N. (2023). Peran Guru Penggerak Terhadap Penerapan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4039–4050.
Sari, M., & Haris, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Islamic Education Journal, 1(1), 54–71. Diambil dari https://ejournal.stai-alkifayahriau.ac.id/index.php/almujahadah/article/view/230/48
Sitompul, J., Suryadi, F. R., Putri, S. V., & Gusmaneli, G. (2023). Peran Moderasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter dan Moral Peserta Didik. AL-IMAM: Journal on Islamic Studies, Civilization and Learning Societies, 4, 67–78. https://doi.org/10.58764/j.im.2023.4.44
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Supriadi, Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. YUME : Journal of Management, 3(3), 84–93. https://doi.org/10.2568/yum.v3i3.778
Yasakur, M. (2016). Strategi Guru Pendidikan Agama IslamDalam Menanamkan KedisiplinanBeribadah Sholat Lima Waktu. Pendidikan Islam, 5.09, 35.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dimas Ibrahim Salam, Muhyani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


