PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v1i1.1477Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui data dan informasi tentang: penggunaan model pembelajaran active learning pada program kejar paket C di PKBM Al- Jauhar Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Model pembelajaran Active learning adalah proses pembelajaran yang mempermudah tutor dalam menyampaikan materi. Dengan menggunakan model pembelajaran Active learning maka proses pembelajaran akan lebih menarik. Pertanyaan penelitian ini adalah Bagaimana Hubungan Antara Penggunaan Model Pembelajaran Active Learning Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelompok Belajar Paket C Di Pkbm Al-Jauhar Kec Bogor Utara, Kota Bogor?. metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, angket dan liteltur dengan menggunakan teknik total sampling, yaitu keseluruhan peserta didik paket C di PKBM Al-jauhar dijadikan sampel penelitian yaitu berjumlah 36 Orang . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Terdapat hubungan antara penggunaan model pembelajaran Active learning dengan peningkatan prestasi belajar peserta didik kejar paket C di PKBM Al-Jauhar Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor.References
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional
Silberman, Melvin L. 2007. Active Learning Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
A.M, Sardiman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Rineka Cipta. Jakarta
Muhibbin Syah. 2005. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan
Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya
Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudjana, S. Djudju. 2004. Pendidikan Nonformal :Wawasan, Sejarah Perkembangan, Filsafat & Teori Pendukung, serta Asas. Bandung: Falah Production.
Moh Nazir, 2011. Metode Penelitian. Cetakan 6 Bogor: Ghalia Indonesia.
Juliansyah Noor, 2011. Metodelogi Penelitian. Jakarta; kharisma putra utama
Sudjana. 2002. Metode Statistika. Edisi keenam. Bandung : Tarsito.
Purwanto, M. Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Hamalik, Oemar, (2005), Perencanaan Pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta. PT. Bumi Aksar