EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Studi Mata Pelajaran Kewirausahaan Pada Warga Belajar Paket C SKB Kota Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v7i2.17247Abstract
Peneliti ini akan melihat efektivitas pemanfaatan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar Paket C di SKB Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang warga belajar, analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T atau uji beda. Hasil dari penelitian ini adalah warga belajar pada kelas eksperimen mampu mendapatkan hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan warga belajar pada kelas kontrol. Hal yang membedakan dari kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) saat dilakukan posttest, sedangkan kelas kontol menggunakan kertas. Dari soal yang diberikan semuanya sama dengan jumlah soal 20. Dan hasil dari penelitian ini dikatakan efektif karena dilihat dari hasil nilai rata rata kelas pretest kontrol yaitu 59 dan pretest eksperimen 59,5 dengan nilai tertinggi 75 dari kedua kelas tersebut, lalu hasil nili rata-rata kelas post-test kontrol dan ekserimen yaitu 59 dan 80,5 dengan jumlah tertinggi kelas kontrol 75 dan kelas eksperimen 95. Kesimpulannya pemanfaatan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) direspon positif oleh warga belajar dan juga tutor, banyak warga belajar yang menjadi antusias untuk mengikuti pembelajaran dan juga warga belajar menjadi fokus menyimak tentang apa yang di sampaikan mengenai materi pembelajaran selain itu hasil yang test yang didapatkan juga membuktkan bahwa pemanfaatan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terbukti efektif.