STRATEGI PEMBIMBINGAN PENILIK DALAM PEMBINAAN TERHADAP PENDIDIK PAUD MELALUI LAYANAN LIMBINGAN RESPONSIF
DOI:
https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v2i1.2252Abstract
Penyelenggaraan Kependidikan PAUD yang berkualitas dan bermakna menjadi impian masyarakat. Keinginan untuk mewujudkan Lembaga Kependidikan PAUD yang berkualitas tentunya memerlukan waktu, proses, sumber dana, sumber daya manusia, sarana prasarana, kebijakan yang kondusif dan berpihak terhadap pemberdayaan PAUD. Dalam melaksanakan tugasnya permasalahan yang sering dialami oleh Pengelola dan Guru PAUD di lapangan dalam
oprasional program PAUD, sehingga perlu mendapat bimbingan dari Penilik. Permasalahan yang dialami PTK PAUDNI di atas perlu mendapatkan layanan bimbingan dari Penilik, maka salah satu layanan nyang dapat digunakan adalah layanan responsif. Kegiatan layanan bimbingan responsif dilakukan meliput tahapan yaitu, tahap awal, tahap inti dan evaluasi.
Dalam pelaksanaannya kegiatan bimbingan responsif dilaksanakan meliputi; Menentukan Sasaran, Melakukan analisis, sintesis, dan diagnosa, Melakukan koordinasi dan konsultasi, Penyusunan jadwal dan cara yang akan dilakukan, Penyiapan administrasi / instrumen/ formatformat, Menjelajahi dan mengeksplorasi masalah Guru PAUD lebih dalam, Menjaga agar hubungan bimbingan tetap terpelihara, Proses bimbingn, Penilik bersama Guru PAUD membuat kesimpulan mengenai hasil proses bimbingan, menyusun rencana tindakan yang akan dilakukan berdasarkan kesepakatan yang telah terbangun dari proses bimbingan sebelumnya serta mengevaluasi jalannya proses dan hasil bimbingan.