HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN PEMBELAJARAN DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI PESANTREN ZAID BIN TSABIT KOTA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v4i1.4723Abstract
penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan antara manajemen pembelajaran dengan pendidikan karakter santri di Pesantren Zaid Bin Tsabit Kota Bogor. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan infomasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket, wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis data, didapatkan nilai thitung > ttabel hal ini menunjukkan adanya Hubungan antara Manajemen Pembelajaran dengan Pendidikan Karakter Santri di Pesantren Zaid Bin Tsabit Kota Bogor. Simpulan dari penelitian ini adalah menolak Ho yang berbunyi tidak terdapat hubungan antara manajemen pembelajaran dengan pendidikan karakter santri di Pesantren Zaid Bin Tsabit Kota Bogor dan menerima H1 yang berbunyi terdapat hubungan antara manajemen pembelajaran dengan pendidikan karakter santri di Pesantren Zaid Bin Tsabit Kota Bogor.
References
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ash-Syahid, S. M. B. (2002). Keunggulan ekonomi Islam: mengkaji sistem ekonomi barat dengan kerangka pemikiran sistem ekonomi Islam. Zahra Publishing House.
Aunillah, Nurla Isna, Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah Yogyakarta: Laksana, 2011
Djudju Sudjana. (2010). Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Prodution.
Musclich. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pembelajaran Berbasi Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bina Aksara.
Subhan, A. (2012). Lembaga pendidikan Islam Indonesia: abad ke-20. Kencana.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Zuhriy, M. S. (2011). Budaya pesantren dan pendidikan karakter pada pondok pesantren salaf. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 287-310.