PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR WARGA BELAJAR PKBM AL-FATTAH
DOI:
https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v4i2.5948Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar warga belajar PKBM Al-Fattah. Kecerdasan emosional merupakan kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial sehingga perlu diketahui pengaruhnya terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kecerdasan emosional (X) berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar (Y), dan pengaruh variabel bebas (kecerdasan emosional) terhadap variabel terikat (prestasi belajar) adalah sebesar 59.6%. Sedangkan sisanya sebesar 40.4% merupakan kontribusi variabel lain yang tidak termasuk dalam model.References
Andi, J., & No, M. (2015). Pengaruh
Kecerdasan Emosional Terhadap
Hasil Belajar Matematika Siswa
Kelas VII 2 SMP Negeri 1
Makassar. IV(2), 87– 101.
Firdaus Daud. (2012). Pengaruh
Kecerdasan Emosional (EQ) Dan
Motivasi Belajar Terhadap Hasil
Belajar Biologi Siswa SMA 3
Negeri Kota Palopo. Jurnal
Pendidikan Dan Pembelajaran
Universitas Negeri Malang,
(2), 243–255.
http://journal.um.ac.id/index.php/p
endidikan-danpembelajaran/article/view/3475/6
Hamdu, G. dan L. A. (2011). BELAJAR
IPA DI SEKOLAH DASAR (
Studi Kasus terhadap Siswa
Kelas ... Jurnal Penelitian
Pendidikan.
Laksono, B. A. (2018). The Effect Of
Self-Efficacy On English Training
Results. EMPOWERMENT: Jurnal
Ilmiah Program Studi Pendidikan
Luar Sekolah, 7(2), 39-46.
Mulvey, C. (1984). Wage Policy and
Wage Determination in 1983.
Journal of Industrial Relations,
(1), 112–119.
https://doi.org/10.1177/00221856
Nasution, T. B. (2013). Juril AMIK
MBP. Keuangan Dan
Perbankan, 1(1), 88–96.
https://ejournal.amikmbp.ac.id/in
dex.php/jurilmbp/article/view/16
Nauli Thaib, E. (2013). Hubungan
Antara Prestasi Belajar Dengan
Kecerdasan Emosional. Jurnal
Ilmiah Didaktika, 13(2), 384–
https://doi.org/10.22373/jid.v13i
485
Pratama, A. T., & Corebima, A. D.
(2015). Hubungan Intelligence
Quotient (IQ) terhadap Capaian
Prestasi Belajar Biologi SMA
Kota Medan. Jurnal Biology
Science and Education, 4(2), 1–
Purnaningtyas, A., Sendratasik, J.,
Semarang, U. N., Suharto, S.,
Sendratasik, J., & Semarang, U.
N. (2010). Pengaruh Kecerdasan
Emosi Terhadap Prestasi Belajar
Siswa Mata Pelajaran Seni
Budaya Smp. Harmonia Journal
of Arts Research and Education,
(1).
https://doi.org/10.15294/harmoni
a.v10