MODEL PENGEMBANGAN CERITA UNTUK PENGUATAN KARAKTER ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v4i2.5965Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi dengan guru tentang fenomena pengembangan karakter anak melalui media cerita yang tidak sesuai dengan perkembangan anak usia 5-6 tahun. Diasumsikan cerita yang selama ini digunakan guru belum bermuatan karakter. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model cerita untuk penguatan karakter anak usia dini. Fokus karakter dalam cerita yang dikembangkan, yaitu: jujur; peduli lingkungan, dan peduli sosial. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan. Proses analisisnya, menggunakan analisis deskriptif kualitatif dari hasil observasi terhadap respons guru sebagai pengguna. Adapun Langkahlangkahnya: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk. Penelitian ini menghasilkan produk berupa 3 judul cerita: Janji Kardosi, Cerita dariSamudera, dan Pipit dan Elang. Kelayakan buku menggunakan 2 kriteria, yaitu kriteria pembelajaran (instructional criteria) dan kriteria penampilan (presentation criteria).Validasi dilakukan oleh akademisi(uji ahli media) dan praktisi di bidang pendidikan anak usia dini. Sementara itu, keterbacaan ketiga judul buku cerita tersebut dilakukan terhadap 6 orang guru TK. Berdasarkan kriteria pembelajaran, buku cerita yang dikembangkan telah memiliki nilai karakter jujur, peduli lingkungan, dan peduli sosial, sedangkan dari kriteria penampilannya (ilustrasi) mampu memperjelas rangkaian cerita, latar, penjiwaan, dan karakter dengan sangat baik. Selain itu, berdasarkan aspek perkembangan anak, buku yang dibuat sudah memiliki tampilan visual lebih dominan gambar dibandingkan teks dan jenis huruf pada buku cerita memiliki tingkat keterbacaan yang baik bagi anak-anak.References
Adipta, Hendra dkk. 2016. Pemanfaatan
Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Bacaan Siswa SD. Jurnal
Pendidikan: Teori, Penelitian, dan
Pengembangan. Volume: 1 Halaman:
”992 (diakses 19 September
.
Akker, J. van den. 1999. Principles and
methods of development research. In
J. van den Akker, N. Nieveen, R.M.
Branch, K.L.Gustafson & T. Plomp
(Eds.), Design methodology and
developmental research in education
and training (pp. 1-14). The
Netherlands: Kluwer Academic
Publishers.
Borg, Walter R & Meredith D Gall,
Educational Research Fourth Edition,
(New York : Longman, 2007).
Davis, RS. 1997. Comics: a
Multidimensional Teaching in
Integrated-Skill Classes. Nagoyama
University: Japan. (Online) diakses 19
September 2020 (http://www.esllab.
com /research/ comics.htm).
Effendi, Bangsa, Yudani. "Perancangan
Buku Cerita Bergambar Dang Gedunai
Untuk anak Usia 4-6 Tahun”. Jurnal
Desain Komunikasi Visual Adiwarna. 1-
, 2013 (online).
Hudiyono. 2012. Membangun Karakter
Siswa Melalui Profesionalisme Guru dan
Gerakan Pramuka. Essensi Erlangga
Grup. Surabaya: Essensi Erlangga Grup.
Lickona T., E. Schaps & C. Lewis. 2003.
CEP's Eleven Principles of Effective
Character Education, Wasington DC:
Character Education Partnership.
Lickona, Thomas, Educating For
Character, How Our Schools Can
Teach Respect and Responsibility
New York: Bantam Books.
Mansoor, C. 1994. Sosiologi Masyarakat
Kota dan Desa. Surabaya: Usaha
Nasional
Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Teori
Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah
Mada University Press.
Putry, Raihan. 2018. Nilai Pendidikan
Karakter Anak di Sekolah Perspektif
Kemendiknas. Gender Equality:
Internasional Journal of Child and
Gender Studies. (Online) diakses 19
September 2020 (https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/equality/articl
e/view/4480/2942).
Rothlein, L & Meinbach, A.M. 1991. The
Literatur Connection. USA: Scott
Foresmen Company.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta: Prenada Media
Group.
Silalahi, MS. 2017. Development Research
(Penelitian Pengembangan) dan
Research & Development (Penelitian &
Pengembangan) Dalam Bidang
Pendidikan/Pembelajaran. (online)
diakses 19 September 2020
(https://www.researchgate.net/publi
cation/325681753).
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D Bandung:
Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007.
Metode Penelitian Pendidikan
Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suyra, Y. F. 2017. Penggunaan Model
Pembelajaran Pendidikan Karakter
Abad 21. Jurnal Obsesi : Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61.
Wahyudin, Uyu dan Agustin, Mubiar. 2011.
Penilaian Perkembangan Anak Usia
Dini. Bandung: Refika Aditam