PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF BERBASIS ANDROID BAGI ANAK TUNAGRAHITA

Authors

  • Dessy Ardianti Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor
  • Rudi Hartono
  • Sigit Wibowo

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i2.14581

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan media pembelajaran pengenalan huruf berbasis android bagi anak tunagrahita, (2) menganalisis kelayakan produk serta (3) mengetahui keefektifan produk pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Dalam pengujian kelayakan menggunakan penilaian oleh 3 ahli yaitu ahli desain pembelajaran, ahli media serta ahli materi. Hasil uji ahli desain pembelajaran 96,4%, ahli media 82% serta ahli materi 81% seluruhnya dalam kategori sangat layak. Hasil uji efektifitas dilakukan dengan membandingkan hasil asesmen pada materi pengenalan huruf bagi anak tunagrahita dengan jumlah sampel pada masing-masing kelas yaitu 10 sampel. Pada kelas eksperimen yaitu pembelajaran dengan media pengenalan huruf berbasis android dan kelas kontrol yaitu pembelajaran tanpa menggunakan media pengenalan huruf berbasis android. Analisis statistik menggunakan uji independent sample t test dengan nilai thitung > ttabel atau 3,928 > 2,101 pada taraf signifikansi 5% dan df = 18 maka H0 ditolak dan Ha diterima yaitu Pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran pengenalan huruf berbasis android bagi anak tunagrahita memiliki efek terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia khususnya dasar pengenalan huruf dan menulis dengan tangan pada peserta didik sekolah dasar luar biasa.

Downloads

Published

2023-08-03 — Updated on 2023-09-02

How to Cite

Ardianti, D., Hartono, R., & Wibowo, S. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF BERBASIS ANDROID BAGI ANAK TUNAGRAHITA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 144–154. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i2.14581