PENYUSUNAN PERANGKAT MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN RME UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR, KREATIVITAS, DAN KARAKTER SISWA SD

Authors

  • Neza Agusdianita
  • Salati Asmahasanah Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/at-tadib.v4i1.19399

Abstract

Kegiatan pengabdian berbasis penelitian pada masyarakat ini bertujuan melatih guru SDN 67 dalam menyusun perangkat model Quantum Teaching dalam pembelajaran matematika menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan prestasi belajar, kreativitas, dan karakter siswa SD. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah pelatihan dan pendampingan. Jumlah guru yang terlibat sebagai peserta dalam kegiatan ini adalah sebanyak 40 orang. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah menghasilkan perangkat pelatihan berupa modul pelatihan, PPT, lembar wawancara, lembar observasi proses pelatihan dan praktik pembelajaran, dan evaluasi terhadap proses pelaksanaan kegiatan menunjukkan pelaksanaan kegiatan ini termasuk kategori baik. Sementara penguasaan peserta terhadap materi pelatihan juga termasuk kategori baik. Simpulan kegiatan PPM ini menghasilkan perangkat pelatihan berupa modul pelatihan, PPT, lembar wawancara, lembar observasi proses pelatihan dan praktik pembelajaran. Proses pelaksanaan kegiatan pelatihan termasuk kategori berhasil karena hasil obervasi menunjukkan proses pelaksanaan pelatihan termasuk kategori baik. Saran kegiatan ini adalah kegiatan selanjutnya disarankan untuk mempersiapkan jadwal kegiatan pengabdian yang lebih rinci dan terjadwal sehingga semua pihak dapat memberikan kontribusi dengan maksimal.

References

Agusdianita,.2016.Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada mata Kuliah Konsep dasar Geometri dan Pengukuran untuk Meningkatkan Kterampilan Membuat Alat Peraga Bagi Mahaiswa PGSD. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/3160/1606

DePorter Bobbi, Mark Reardon, & Sarah Singer Nourie. 2010. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa

Kaharni, A. 1997. Profil guru profesional dan implikasi pada kurikulum institusi pembina guru satuan kajian kurikulum SD dan SLTP (jurnal). Jakarta : Balitbang

Karjiyati. 2013. Pengembangan model Quantum Teaching dalam pembelajaran matematika menggunakan Realistic Mathematics Education untuk meningkatkanprestasi belajar, kreativitas, dan Karakter siswa SD. Laporan Penelitian Hibah Bersaing DIKTI. Bengkulu: Universitas Bengkulu

Lestari, T. D., Muhyani, M., H.Mukhtar, H., & Asmahasanah, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Prestasi dan Karakter Jujur Kelas III SDIT Al-Madinah Cibinong Bogor. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 151-165.

https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.7150

Supinah. 2008. Pembelajaran Matematika SD dengan Pendekatan Kontekstual dalam Melaksanakan KTSP. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Tarigan, Daiti. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Dikti. Jakarta.

Ubaidillah dkk, 2017. Bahan Ajar Berbasis RME Materi Operasi Hitung untuk Siswa Sekolah Dasar. (online) http:// pasca.um.ac .id/ conferences/index.php/gtk/article/download/280/264

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Agusdianita, N., & Asmahasanah, S. (2020). PENYUSUNAN PERANGKAT MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN RME UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR, KREATIVITAS, DAN KARAKTER SISWA SD. ATTA`DIB, 4(1), 84–90. https://doi.org/10.32832/at-tadib.v4i1.19399

Issue

Section

Articles