IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Penulis

  • Intan Silvia Agustin Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhamad Sofian Hadi Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32832/at-tadib.v7i2.19511

Kata Kunci:

Merdeka Belajar, Pembelajaran Matematika

Abstrak

Merdeka belajar merupakan kebijakan baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Implementasi merdeka bela-jar berupa upaya yang diberikan kepada tiap unit pendidikan bebas dapat melakukan inovasi yang juga tentunya disesuaikan dengan daerah masing-masing unit pendidikan sebagai keterbukaan proses pembelajaran dari rumah yang nantinya dapat memberikan pengalaman belajar tanpa harus dituntut oleh standar ketuntasan dan standar kelulusan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pembelajaran matematika selama pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur dengan pendekatan kualitatif yang akan diuraikan secara deskriptif. Data yang digunakan merupakan kajian dari artikel ilmiah, makalah, prosiding, serta buku yang sesuai dengan fokus penelitian. Hasil dan pembaha-san yang didapat yaitu merdeka belajar dapat: (1)membuat siswa dan guru men-jadi lebih kreatif, inovatif, dan tentunya lebih maju dalam penggunaan teknolo-gi; (2) adanya kebebasan siswa dalam memperoleh informasi dalam belajar se-hingga meningkatkan kemampuan literasi, numerasi dan berpikir logis serta meningkatkan kognitif siswa. Akibatnya pembelajaran matematika menjadi lebih maju dikarenakan pengimplementasian merdeka belajar.

Diterbitkan

2023-06-18

Cara Mengutip

Agustin, I. S., & Hadi, M. S. (2023). IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN MATEMATIKA. ATTA`DIB, 7(2). https://doi.org/10.32832/at-tadib.v7i2.19511

Terbitan

Bagian

Articles