IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK TERPUJI BERBASIS PENDEKATAN DEMOKRATIS MENUJU INDONESIA EMAS DI SDN SINDANGRAJA 1 CIANJUR

Penulis

  • Ganjar Hermawan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hasbiyallah Hasbiyallah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fuad Munawar SMK Permata Negeri Garut
  • Husen Abdullah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Encep Ishak Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Jajang Purnama Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32832/at-tadib.v7i1.19534

Kata Kunci:

Akhlak Terpuji, Kemajemukan, Pendekatan Demokratis, Nilai Kultur

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pendidikan akhlak terpuji ber-basis pendekatan demokratis menuju Indonesia Emas. Penelitian ini menggunakan pendeka-tan kualitatif dengan metode studi kasus pada fakta-fakta pembelajaran di kelas enam SDN Sindangraja 1 Cianjur. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wa-wancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidi-kan akhlak terpuji berbasis pendekatan demokratis menuju Indonesia Emas di SDN Sin-dangraja 1 Cianjur sudah terimplementasikan dengan baik melalui sistem penyelenggaraan pendidikan yang bersifat demokratis dan berkeadilan, serta tidak diskriminatif dengan men-junjung hak peserta didik, nilai keagamaan, nilai kultur dan kemajemukan bangsa, sehingga dari nilai-nilai tersebut lahirlah ketauhidan, pembiasaan beribadah, keteladanan dan pembi-asaan. Rekomendasi dari penelitian ini bahwa nilai-nilai demokrasi perlu diungkapkan secara jelas pada setiap materi pelajaran terutama pelajaran agama.

Diterbitkan

2023-04-24

Cara Mengutip

Hermawan, G., Hasbiyallah, H., Munawar, F., Abdullah, H., Ishak, E., & Purnama, J. (2023). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK TERPUJI BERBASIS PENDEKATAN DEMOKRATIS MENUJU INDONESIA EMAS DI SDN SINDANGRAJA 1 CIANJUR. ATTA`DIB, 7(1). https://doi.org/10.32832/at-tadib.v7i1.19534

Terbitan

Bagian

Articles