PERAN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DALAM MENDIDIK KADER ULAMA DAN MEMBINA AKHLAK UMAT ISLAM DI PERUMAHAN GRAHA
DOI:
https://doi.org/10.32832/at-tadib.v6i2.19552Keywords:
Akhlak, Peran, Pendidikan, Pondok PesantrenAbstract
Banyak sekali terjadi perilaku negatif yang tersebar luas akbiat minimnya pengetahuan agama. Perspektif mayoritas masyarakat terhadap pemahaman agama Islam hanyalah sampai pada titik bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar tanpa ada upaya ingin mengupas substansi secara komprehensif. Berdasarkan aspek inilah bahwasannya sangat pentingn peran lembaga pendidikan Pondok pesantren dalam mendidik kader ulama, membina akhlak umat, dan menyebarkan ilmu-ilmu agama Islam di tengah masyarakat umum khususnya masyarakat perumahan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menge-tauhi peran lembaga pendidikan pondok pesantren salaf di tengah masyarakat pe-rumahan dalam mendidik kader ulama dan membina akhlak umat, kemudian untuk mengetahui berbagai hambatan dalam membuna akhlak umat. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif fenomenologis dengan teknik sampling purposive, setelah data terkumpul, peneliti menganalisis data dengan reduksi data, dis-play data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya sistem pengajaran yang dilakukan oleh kyai dan media pembelajaran menggunakan berbagai macam kitab sangat berpengaruh terhadap santri. Selain itu keteladanan serta kesholehan sang kyai sangat signifikan dalam implementasi pendidikan akhlak.





















