PENGEMBANGAN MEDIA BUKU DONGENG DIGITAL UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS III DI SDN CILENGGANG 02

Penulis

  • Nadia Arta Dewi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ujang Jamaludin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • M. Taufik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rina Yuliana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.32832/at-tadib.v6i2.19554

Kata Kunci:

media pembelajaran, buku digital, dongeng, bahasa Indonesia

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang pengembangan media berupa buku dongeng digital untuk keterampilan menyimak siswa kelas III SD. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media buku dongeng digital yang berisi cerita dongeng pada pelajaran Bahasa Indonesia. Media ini dibuat untuk membantu menunjang pemelajaran bagi guru maupun siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yaitu yang terdiri dari lima tahapan yaitu: Analisis (Analysis), Desain/Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Impelentasi/Eksekusi (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Dapat disimpulkan bahwa Kelayakan produk buku dongeng digital untuk keterampilan menyimak diperoleh dari hasil penilaian oleh para ahli, yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Diperoleh hasil penilaian ahli media yaitu 89%, ahli materi 97%, dan ahli bahasa 95,6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penilaian yang diberikan para ahli memperoleh kategori “Sangat Layak” dan respon siswa memperoleh rata-rata sejumlah 94,4%. Perolehan hasil respon siswa mendapatkan kategori “Sangat Baik”.

Diterbitkan

2022-12-04

Cara Mengutip

Dewi, N. A., Jamaludin, U., Taufik, M., & Yuliana, R. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA BUKU DONGENG DIGITAL UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS III DI SDN CILENGGANG 02. ATTA`DIB, 6(2), 382–392. https://doi.org/10.32832/at-tadib.v6i2.19554

Terbitan

Bagian

Articles