UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK SISWA MENGGUNAKAN METODE BERCERITA KELAS 2 SD COKROAMINOTO TANJUNG PRIOK JAKARTA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.32832/at-tadib.v6i2.19555Kata Kunci:
Kecerdasan Verbal Linguistik, Metode Bercerita, Verbal LinguistikAbstrak
Penelitian Tindakan Kelas ini di latar belakangi oleh rendahnya kecerdasan verbal lin-guistic siswa kelas 2 khususnya pada keterampilan siswa dalam menceritakan Kembali dongeng fabel dikelas, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistic siswa dengan menggunakan metode bercerita. Penelitian ini di laksanakan pa-da bulan mei sampai juni 2022, bertempat di kelas 2 SD Cokroaminoto Kecamatan Tan-jung Priok Jakarta Utara Jenis penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan yang terdiri dari perancangan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bah-wa metode bercerita dapat meningkatkan kecerdasan verbal linguistic siswa. Dari hasil siklus I dan siklus II terjadi peningkatan, pada siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas ada 8 siswa atau 66,67%. Sementara itu pada siklus II jumlah siswa yang tuntas adalah 10 siswa atau 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kecerdasan verbal linguistic siswa kelas 2 SD Cokroaminoto Tanjung Priok.





















