UPAYA PEMERATAAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN DI DAERAH 3T

Authors

  • Primanita Sholihah Rosmana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sofyan Iskandar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nur Fadilah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nabilah Azhar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Devi Oktavini Universitas Pendidikan Indonesia
  • Angelina Cristine Munte Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/at-tadib.v6i2.19556

Keywords:

Daerah 3T, Education for Sustainable Development (esd), Kesenjangan Pendidikan

Abstract

Potret pendidikan di daerah perbatasan Indonesia dari tahun ke tahun masih tetap dihadapkan dengan masalah yang sama yaitu kesenjangan pendidikan. Kesenjangan ter-sebut diakibatkan oleh pembangunan infrastruktur dan pemerataan tenaga pendidik yang tidak berjalan semestinya dan cenderung tidak ada perbaikan. Hal ini ditandai dengan masih sulitnya akses layanan pendidikan terkhusus di daerah-daerah 3T (Terde-pan, Terluar dan Tertinggal). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Dengan mem-bandingkan literatur-literatur yang ada sebelumnya. Data yang ada dianalisis menggunakan kajian pustaka. Hasil riset ini adalah pemberian solusi dengan program education for sustainable development (esd) sebagai upaya pemerataan pendidikan berkelanjutan di daerah 3T. Program ini memberikan solusi terhadap permasalahan pemerataan pendidikan di Indonesia. Program ini memiliki kurikulum yang disesuaikan dengan potensi daerah 3T, pendidik yang dibekali dengan keahlian khusus sesuai daerah 3T, sistem pendidikan yang menuntut kreatifitas pengajar dan masyarakat setempat, kesejahteraan pendidik yang lebih ditingkatkan daripada pendidik di daerah perkotaan, dan penyediaan insfrastruktur yang memadai serta menciptakan suasana kekeluargaan antar pendidik di daerah 3T. Dengan adanya program dan penelitian ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan kesenjangan pendidikan di Indonesia.

Downloads

Published

2022-12-04

How to Cite

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Fadilah, N., Azhar, N., Oktavini, D., & Munte, A. C. (2022). UPAYA PEMERATAAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN DI DAERAH 3T. ATTA`DIB, 6(2), 405–418. https://doi.org/10.32832/at-tadib.v6i2.19556

Issue

Section

Articles