PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL EKOSISTEM V PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD

Authors

  • Siti Wildanasari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rina Yuliana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sigit Setiawan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.32832/at-tadib.v6i2.19559

Keywords:

Bahan Ajar Digital, Pembelajaran Tematik, Pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital pada Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 di kelas V SDIT PUI Cibitung. Metode yang digunakan adalah Re-seach and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Im-plementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis kelayakan bahan ajar digital melalui validasi tim ahli media, materi dan bahasa. Berdasarkan penilaian produk bahan ajar digital yang telah dilakukan oleh tim ahli diperoleh hasil bahwa hasil validasi ahli media mendapatkan skor 90,5% dengan kategori “sangat layak”, hasil validasi dari ahli materi mendapatkan skor 88,5% dengan kategori “sangat layak”, sedangkan hasil validasi dari ahli bahasa mendapatkan skor 87% dengan kategori “sangat layak”. Pada tahap uji coba produk peserta didik terlihat sangat antusias dan dapat mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga memperoleh re-spon peserta didik dengan skor 99,5% dengan kategori “sangat baik”. Dapat disimpul-kan bahwa bahan ajar digital yang dikembangkan oleh peneliti adalah bahan ajar digital yang sangat layak digunakan dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar.

Downloads

Published

2022-12-04

How to Cite

Wildanasari, S., Yuliana, R., & Setiawan, S. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL EKOSISTEM V PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD. ATTA`DIB, 6(2), 202–213. https://doi.org/10.32832/at-tadib.v6i2.19559

Issue

Section

Articles