PERUBAHAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sofyan Iskandar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Primanita Sholihah Rosmana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinah Ashari Wardini Universitas Pendidikan Indonesia
  • Alfira Putri Febryanis Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tiara Septiya Wulandari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/at-tadib.v6i2.19560

Keywords:

Kurikulum, Pandemi Covid-19, Pembelajaran

Abstract

Pandemi Covid-19 telah melanda di seluruh negara, tidak terkecuali Indonesia. Pandemi Covid-19 di Indonesia berdampak pada sektor-sektor kehidupan, salah satunya sektor pendidikan. Pemerintah pun menerapkan kebijakan baru untuk menekan lajunya penyeb-aran virus Covid-19. Salah satunya yaitu kebijakan belajar dari rumah. Lantas bagaimana kurikulum dan pembelajaran yang harus di terapkan di masa pandemi Covid- 19? Adakah perubahan kurikulum dan pembelajaran di masa pandemi Covid-19? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kurikulum dan pembelajaran apa yang tepat digunakan dalam masa pandemi Covid-19 pada siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskrptif kualitatif yang bersifat studi literatur. Data-data yang diperoleh diambil dari artikel, jurnal, dokumen, maupun berita-berita yang berkaitan dengan kurikulum dan pembelaja-ran di masa pandemi Covid-19. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah agar dapat mengetahui kurikulum dan pembelajaran apa yang tepat diterapkan dalam masa pandemi Covid-19 pada siswa Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2022-12-04

How to Cite

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Wardini, D. A., Febryanis, A. P., & Wulandari, T. S. (2022). PERUBAHAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SEKOLAH DASAR. ATTA`DIB, 6(2), 351–363. https://doi.org/10.32832/at-tadib.v6i2.19560

Issue

Section

Articles