PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KOMIK MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 010 TALONTAM BENAI
DOI:
https://doi.org/10.32832/at-tadib.v6i1.19563Keywords:
Komik matematika, hasil belajar, FPB dan KPKAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan komik matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 010 Talontam Benai. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model one-group pre and post- test design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah 13 siswa kelas IV SDN 010 Talontam Benai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran menggunakan komik matematika yaitu dari skor pre-test 53,08 menjadi skor posttest 82,69. Berdasarkan hasil uji beda rata-rata diperoleh bahwa thitung(4,679) > ttabel( 2,160), maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pem-belajaran menngunakan komik matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 010 Talontam Benai.





















