HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH

Authors

  • Chodidjah Makarim Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Saniatul Hajiah Siregar Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ahmad Mulyadi Kosim Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/at-tadib.v6i1.19564

Keywords:

Komunikasi Interpersonal Keluarga Prestasi Belajar, IPS

Abstract

Tujuan penelitian yaitu ingin mengetahui hubungan komunikasi interpersonal keluarga terhadap prestasi belajar siswa di sekolah, ingin mencari tahu kebiasaan belajar siswa di sekolah, kebiasaan belajar siswa di rumah, komunikasi interpersonal siswa dan hubungan antara komunikasi interpersonal keluarga dengan prestasi bela-jar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDIP Daarul Jannah Cibinong Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan yaitu metode korelasional. Sampel yang diambil ialah pelajar dari kelas V sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data yang dipa-kai yaitu kuesioner dengan alternatif jawaban skala Likert 1 sampai 5.Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kebiasaan belajar siswa di sekolah (43%) cukup baik, kebiasaan belajar siswa di rumah (61%) termasuk dalam kategori sedang. komunikasi interpersonal siswa (93,7%) . Tidak adanya hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal keluarga dengan prestasi belajar siswa pada pem-belajaran IPS kelas V SDIP Daarul Jannah Cibinong Kabupaten Bogor , berdasarkan perhitungan korelasi Thitung = 0,055 yang berada pada kisaran angka 0,00-0,20 yang tidak termasuk korelasi rendah atau lemah. Sedangkan nilai rtabel N=48 sebesar 0,27 dengan taraf signifikansi 5% menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,0=702. Artinya (0,055 < T tabel = 0,702) dan (0,020 < 0,05).

Downloads

Published

2022-06-18

How to Cite

Makarim, C., Siregar, S. H., & Kosim, A. M. (2022). HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH. ATTA`DIB, 6(1), 148–160. https://doi.org/10.32832/at-tadib.v6i1.19564

Issue

Section

Articles