IMPLEMENTASI ASESMEN LITERASI MATEMATIS BANGUN DATAR SEGIEMPAT DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ginanti Ayuwara Universitas Pendidikan Indonesia
  • Epon Nur’aeni L. Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dindin Abdul Muiz Lidinillah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Rijal Wahid Muharram Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/at-tadib.v6i1.19565

Keywords:

Implementasi, Literasi Matematis, Sekolah Dasar

Abstract

Artikel ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif yaitu sebuah prosedur penelitian berdasarkan data deskriftif yang berupa lisan atau kata tertulis dari subjek penelitian atau informan yang telah diamati dan memiliki karaktristik bahwa data yang diberikan merupakan data asli menurut situasi dan kondisi yang tidak dapat di manipulasi serta menggunakan cara sistematis dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diberikan oleh pemberi informasi. Bertujuan untuk mencari masalah evaluasi pembelajaran perihal asesmen soal yang dikembangkan di Sekolah Dasar SDN 1 Kalangsari. Impelementasi asesmen literasi matematis pada materi bangun datar segiempat yang dikembangkan guru. Asesmen berbasis AKM merupakan terombosan dari pemerintah untuk mewujudkan peserta didik yang sesuai dengan keterampilan abad 21 melalui hasil belajar melalui soal berbasis AKM. Dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif, penelitian men-gahsilkan kesimpulan; pendidik belum menerapkan soal yang berbasis AKM lit-erasi matematis kepada peserta didik karena beberpa faktor masalah yang terjadi.

Downloads

Published

2022-06-18

How to Cite

Ayuwara, G., Nur’aeni L., E., Lidinillah, D. A. M., & Muharram, M. R. W. (2022). IMPLEMENTASI ASESMEN LITERASI MATEMATIS BANGUN DATAR SEGIEMPAT DI SEKOLAH DASAR. ATTA`DIB, 6(1), 23–37. https://doi.org/10.32832/at-tadib.v6i1.19565

Issue

Section

Articles