PENGEMBANGAN ELEKTRONIK-LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK VIRTUAL FIELD TRIP BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DI SD

Authors

  • Ita Fatimah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ghullam Hamdu Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syarif Hidayat Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/at-tadib.v6i1.19568

Keywords:

E-LKPD, ESD, Virtual Field Trip

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD virtual field trip berbasis ESD yang valid dan praktis. Produk ini dapat membantu guru dalam menyampaikan bahan pela-jaran, memfasilitasi pemahaman siswa terhadap informasi, dan mendorong pembelajaran siswa yang lebih mandiri. Dalam penelitian ini digunakan metode pengembangan produk Design Based Research (DBR) yang melibatkan dan berkolaborasi dengan praktisi hasil pengembangan. Data kualitatif dan kuantitatif dikumpulkan untuk pengembangan E-LKPD. Instrumen lembar validitas/kelayakan E-LKPD dan angket respon siswa digunakan untuk pengumpulan data. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara menjelaskan data kuantitatif dan kualitatif. Temuan dari 1) uji validitas menunjukkan bahwa kategori sangat valid memiliki skor persentase 93,94%; 2) uji kepraktisan menunjukkan bahwa kate-gori sangat praktis memiliki tingkat kepraktisan pada tahap pertama sebesar 93% dan ting-kat kepraktisan tahap kedua sebesar 99,95%. Berdasarkan hasil uji validitas dan uji keprak-tisan tersebut, E-LKPD virtual field trip berbasis ESD ini sangat valid dan praktis dan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di SD kelas IV.

Downloads

Published

2022-06-18

How to Cite

Fatimah, I., Hamdu, G., & Hidayat, S. (2022). PENGEMBANGAN ELEKTRONIK-LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK VIRTUAL FIELD TRIP BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DI SD. ATTA`DIB, 6(1), -. https://doi.org/10.32832/at-tadib.v6i1.19568

Issue

Section

Articles