UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI SOFTWARE

Authors

  • Sumartono Hadi SLB Negeri Bekasi Jaya

DOI:

https://doi.org/10.32832/at-tadib.v6i1.19575

Keywords:

aplikasi software komputer, membaca permulaan, tunagrahita

Abstract

Pentingnya pengajaran membaca permulaan pada anak diberikan sejak usia dini ini bertolak dari kenyataan bahwa masih terdapat sebelas juta anak Indonesia dengan usia 7 – 8 tahun tercatat masih buta huruf . Berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa kemampuan membaca permulaan siswa rendah yang disebabkan oleh metode dan media pembelajarannya yang kurang menarik bagi siswa. Dengan penerapan media Aplikasi Software Komputer tersebut diharapkan dapat mening-katkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 3 di SLB Negeri Bekasi Jaya . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa pada kelas 3 di SLB Negeri Bekasi Jaya yang berjumlah 7 orang siswa, yang terdiri dari 5 siswa laki- laki dan 2 siswa per-empuan Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media aplikasi software komputer mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan di Kelas 3 Semester I. Hal ini membuktikan bahwa media Aplikasi software Komputer cocok diterapkan dalam pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas 3 di SLB Negeri Bekasi Jaya.

Downloads

Published

2022-06-18

How to Cite

Hadi, S. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI SOFTWARE. ATTA`DIB, 6(1), 161–171. https://doi.org/10.32832/at-tadib.v6i1.19575

Issue

Section

Articles