IMPLEMENTASI E-LKPD BERBASIS ESD PADA KOMPETENSI BERPIKIR KRITIS DI SD

Authors

  • Syifa Fauziyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ghullam Hamdu Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/at-tadib.v6i1.19577

Keywords:

Berpikir Kritis, E-LKPD, ESD

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) berbasis ESD pada kompetensi berpikir kritis di Sekolah Dasar (SD) pada saat pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan dekriptif, yaitu mendeskripsikan bagaimana E-LKPD digunakan di SD pada saat pembelajaran daring. Subjek dari penelitian ini adalah guru yang mengajar di SD kelas tinggi dengan melaksanakan pembelajaran daring. Hasil penelitian, penggunaan LKPD rata-rata masih belum menunjang berpikir kritis siswa, kebanyakan hanya dalam bentuk soal. LKPD yang berbasis ESD pun masih belum optimal. Dalam pembelajaran daring penggunaan E-LKPD di SD masih jarang digunakan. Disebabkan karena keterampilan guru dalam membuat E-LKPD masih kurang. Oleh karena itu diperlukan pelatihan untuk guru dalam membuat E-LKPD serta diperlukan pengembangan E-LKPD berbasis ESD pada kompetensi berpikir kritis agar dapat digunakan oleh guru pada pem-belajaran.

Downloads

Published

2022-06-18

How to Cite

Fauziyah, S., & Hamdu, G. (2022). IMPLEMENTASI E-LKPD BERBASIS ESD PADA KOMPETENSI BERPIKIR KRITIS DI SD. ATTA`DIB, 6(1), 172–179. https://doi.org/10.32832/at-tadib.v6i1.19577

Issue

Section

Articles