ANALISIS MUATAN KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN PADA BUKU TEMATIK SISWA KELAS V SD KURIKULUM 2013
DOI:
https://doi.org/10.32832/at-tadib.v4i2.19580Keywords:
Buku Siswa, Karakter Semangat Kebangsaan, Kelas VAbstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui indikator karakter semangat kebangsaan apa saja yang terdapat pada buku siswa kelas V SD Tema 7 Peristiwa dalam kehidupan khususnya pada materi pelajaran IPS. metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. data yang diambil pada penelitian ini adalah muatan karakter semangat kebangsaan pada kalimat yang terdapat pada buku siswa pada materi IPS. Sumber data pada penelitian ini adalah buku siswa kelas V kurikulum 2013 tema 7 peristiwa dalam kehidupan. Teknis analisis data dilakukan dengan cara pereduksian data (Data Reduction), penyajian data (Data Display) dan penarikan kesimpulan (Conclusing Drawing/Verification). hasil dari penelitian ini yaitu indikator yang paling banyak muncul pada buku siswa adalah indikator kelima yaitu semangat dalam mengobarkan semangat kebangsaan dan yang paling sedikit muncul yaitu indikator ketiga yaitu Mengagumi banyaknya keragaman bahasa di Indonesia. kesimpulan dari penelitian ini yaitu indikator yang ditemukan pada buku siswa kelas V Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan terdapat 6 indikator dan ditemukan 47 kalimat dari subtema 1 hingga subtema 3.
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Darmiatun, D. S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta:
Gava Media.
Ernawati, D. (2019). Analisis nilai-nilai karakter pada buku tematik siswa kelas IV tema indahnya keragaman di negeriku. Universitas Jember.
Mulyasa. (2017). Pengembangan & Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. solo: Cakra Books.
Prastowo, A. (2015). Pengembangan & Implementasi Kurikulum 2013. yogyakarta: Diva Press.
Priyambodo, A. B. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Semangat Kebangsaab dan Cinta Tanah Air pada Sekolah Berlatar Belakang Islam di Kota Pasuruan. Jurnal Sains Psikologi, 6(1), 9–15.
Rianawati. (2014). Implementasi Nilai-Nilai Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pontianak: IAIN Pontianak Press.
Sitepu, B. P. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,
dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwandi, I. K., & Sari, I. P. (2017). Analisis Karakter Nasionalisme Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Kelas 1 SD. Elementary School, 4(2), 152.
Yulastiningtiyas, N. W., Sujana, W., & Suniasih, N. W. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Ips Tema Cita-Citaku Ditinjau Dari Karakteristik Pertanyaan Guru Pada Siswa Kelas Iv Sd Gugus 6 Moch Hatta. E- Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 6.





















