MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA KELAS III SDN BABELAN KOTA 07 BEKASI

Penulis

  • Halimatussa'diyah Arhani
  • Imas Kania Rahman Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Muhammad Fahri Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/at-tadib.v5i1.19596

Kata Kunci:

menulis, paragraf deskripsi, example non example.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi dan keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan model Example Non Example. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SDN Babelan Kota 07 Bekasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran Example Non Example dengan menggunakan media gambar dan video dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas III SDN Babelan Kota 07 Bekasi. Meningkatkan siswa dalam pembelajaran ditandai dengan peningkatkan nilai rata-rata siswa pada siklus I = 70 (cukup). Siklus II = 85 (baik) dan (2) meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi pada siswa ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan belajar. Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan menulis paragraf deskripsi mencapai 70 Dengan persentase ketuntasan pre test sebesar 73% dan post test sebesar 67%. Pada siklus II mencapai 85 Dengan persentase ketuntasan pre test 93% dan post test sebesar 100% Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Example Non Example dengan menggunakan media gambar dan video yang efektif digunakan pada pembelajaran menulis paragraf deskripsi.

Referensi

Dalman. 2016. Keterampilan menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Kukuh Fajar Trawoco, Edy Suryanto, dan Sri Hastuti. 2016. Peningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi dengan model example non example. Basastra, 4(2), 114.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Suyadi. 2015. Panduan penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: DIVA Press. Rineka

Cipta.

Syarifah, Habibah. 2016. Penggunaan model pembelajaran examples non example terhadap ketuntasan hasil belajar siswa. Pesona dasar, 3(4), 57.

Diterbitkan

2021-06-30

Cara Mengutip

Arhani, H., Rahman, I. K., & Fahri, M. (2021). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA KELAS III SDN BABELAN KOTA 07 BEKASI. AT-TA`DIB, 5(1), 9–14. https://doi.org/10.32832/at-tadib.v5i1.19596

Terbitan

Bagian

Articles