IMPLEMENTASI PROGRAM BINA PRESTASI DALAM MENGUATKAN KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA DI SD AISYIYAH UNGGULAN KECAMATAN GEMOLONG
DOI:
https://doi.org/10.32832/at-tadib.v7i1.19631Abstract
Terdapat beberapa permasalahan pendidikan yang dialami di Indonesia, antara lain: belum meratanya pendidikan di setiap daerah; kualitas guru yang belum merata; infrastruktur dan fasilitas yang belum memadai di semua fasilitas pendidikan. Pengaruh mutu pendidikan keterampilan abad 21 memiliki peranan penting dalam mengembangkan potensi peserta didik untuk menghadapi perubahan dan pertumbuhan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program Bina Prestasi dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dari program Bina Prestasi di SD Aisiyah Unggulan Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis meliputi reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembinaan dilakukan secara kontinyu untuk menghasilkan atlet yang unggul. Atlet yang berkompeten berasal dari penjaringan dengan proses pengamatan dan rekomendasi wali kelas maupun seleksi. Setelah itu pelaksanaan dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, kegiatan akhir dan evaluasi program. Banyaknya prestasi yang diperoleh suatu sekolah berasal dari proses pembinaan prestasi pada atlet. Ada berbagai kendala yang dialami mulai dari kondisi atlet yang kurang kondusif. Selain itu, durasi yang kurang maksimal membuat guru pembina melakukan sistem “memingit” ketika mendekati hari perlombaan.





















