PENGGUNAAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK PERENCANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH
Keywords:
blended learning, madrasah ibtidaiyah, perencanaan pembelajaranAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model blended learning dapat digunakan pada tema perencanaan pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa. Di Aceh Utara, penelitian ini dilakukan di salah satu madrasah Ibtidaiyah. One group pretest-posttest design menggunakan pendekatan kuantitatif dan metodologi quasi eksperimen. Responden penelitian adalah tiga puluh satu siswa kelas IV. Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penelitian penggunaan paradigma blended learning melalui perencanaan pembelajaran tema. Pembelajaran dengan paradigma blended learning jelas menunjukkan peningkatan tersebut. Penggunaan metodologi blended learning menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 23,9%.
References
Bararah, Isnawardatul. 2017. “Efektifitas Perencanaan Pembelajaran Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Jurnal MUDARRISUNA 7(1): 131–47. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/1913.
Choirunnisa, Novianti, and Ika Yatri. 2022. “Jurnal Cakrawala Pendas EFEKTIVITAS MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL.” 8(4): 975–85.
Ermiati, Ermiati. 2022. “Peningkatan Hasil Belajar Tingkat Tinggi Muatan Pembelajaran IPA Tema Selalu Berhemat Energi Melalui Pembelajaran Covid-19 Metode Blended Learning Pada Kelas IV UPTD SDN 01 Tanjuang Haro Sikabu-Kabu Pd. Panjang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022.” Journal on Education null: null. https://www.semanticscholar.org/paper/acd0678193e2d1b34b24b6600645a5e196117614.
Harahap, Lia Amalia. 2019. “Konsep Pembelajaran Blended Learning Di Sekolah Dasar: Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Desa Terpencil.” Jurnal Ekonomi & Bisnis 3(3): 940–44.
Ilmiah, Jurnal et al. 2023. “Analisis Blended Learning Di SDN 04 Mejobo Ketika Terjadi Pandemi Global Melalui Pembelajaran Daring ( Syarifudin , 2020 ). Hasil Penelitian Dengan Judul Analisis Pembelajaran Daring Di SD 2 Tenggeles Mejobo Kudus Pada Masa Pandemi Covid-19 Menunjukkan Be.” X(1): 36–49.
Indriani, Fitri. 2015. “Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 Pada.” Junal Profesi Pendidikan Dasar 2(2): 87–94.
Islami, Alviani Nurul, Kunti Dian Ayu Afiani, and Deni Adi Putra. 2021. “Penerapan Model Blended Learning Berbantuan Media Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas 2 Sd Muhammadiyah 4 Surabaya.” Attadib: Journal of Elementary Education 5(1): 68.
Kamal, Ubet Nashrul, and Syafik Ubaidila. 2018. “Implementasi Metode Tematik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Tunagrahita Di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Ngasem Kabupaten Kediri.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 8(3): 429–40.
Marlina, Emas. 2020. “Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink.” Jurnal Padegogik 3(2): 104–10.
Masitoh, Siti. 2018. “Implementasi Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013.” 5(1): 48–60.
Munawwaroh, Lailatul. 2022. “Pembelajaran Tematik (Telaah Kritis Metodologi Pendidikan Islam).” Journal Of Islamic Education 2(1): 98–114.
Nurwinda, Muh Khaedar, Cayati, and Eka HS Fitriana. 2022. “Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 188 Tanrongi Kabupaten Wajo.” Jurnal Kajian Pendidikan Dasar 7(1): 36–44.
Prastowo, Andi. 2013. Paduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva press. Yogyakarta.
Putrianingsih, Sri, Ali Muchasan, and M. Syarif. 2021. “Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran.” Inovatif 7(1): 206–31.
Qasim, Muhammad, and Maskiah. 2016. “Perencanaan Pengajaran Dalam Kegiatan Pembelajaan.” Jurnal Diskursus Islam 4(3): 484–92.
Studies, Arthaniti et al. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 2 Di SMA Negeri 1 Blahbatuh Tahun Pelajaran 2021 / 2022.” 3(2): 115–24.
Sufiati, Vivi, and Sofia Nur Afifah. 2019. “Peran Perencanaan Pembelajaran Untuk Performance Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 8(1): 48–53.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuatitatifdan R&D. Bandung.
Sungkono, Sungkono. 2006. “Pembelajaran Tematik Dan Implementasinya Di Sekolah Dasar.” Majalah Ilmiah Pembelajaran 2(1): 51–58.





















