HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA DISIPLIN KERJA DENGAN PROFESIONALISME GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN LABUAN
Kata Kunci:
Supervisi Akademik, Budaya Disiplin Kerja, Profesionalisme Guru, SDN Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara supervisi akademik kepala sekolah dan budaya disiplin kerja dengan profesionalisme guru di SDN Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada 80 guru di SDN Kecamatan Labuan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah dengan profesionalisme guru. Supervisi akademik yang baik oleh kepala sekolah dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran yang efektif. Selain itu, budaya disiplin kerja juga memiliki pengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru. Budaya kerja yang positif di lingkungan sekolah mendorong guru untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan lebih baik. Secara keseluruhan, penelitian ini menemukan bahwa baik supervisi akademik maupun budaya disiplin kerja berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan profesionalisme guru. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan kualitas supervisi akademik oleh kepala sekolah serta penguatan budaya kerja yang positif di sekolah untuk mendukung profesionalisme guru.
Referensi
Akhmad Sirojuddin, Dkk (2022). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor pendidikan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru.
Andang. 2019. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: AR-Ruzz Media
Bahri, Saiful. 2014. Supervisi Akademik Sekolah Peningkatan Profesionalisme Guru. Hlm: 100-112. Diakses tanggal 30 Maret 2018.
Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran: Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartanto, Frans, Mardi. 2009. Paradigma Baru Manajenien Indonesia. Bandung: Mizan.
Jasmani & Syaiful, Mustofa. 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru Sekolah
Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru, Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Kamilin. 2013. Pengaruh Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Profesional Guru SMP Al-Washliyah Kota Medan. Jurnal Tabularasa, 10(1): 71-82.
Khairani, Makmun. 2014. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo. Kunandar. 2011. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP,) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Made Indra, Dkk (2021). Pengantar Manajemen. Klaten: Cv Tahta Media Group. Muhammad Hasan, D (2022). Pengantar Pendidikan Indonesia. Klaten: Tahta Media Group. Muslihah, Eneng. 2014. Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah Model Pengembangan
Terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Menengah Atas Negeri Provinsi Banten. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(3): 295-309.
Ndraha, Talizidhuhu. 2012. Teori Budaya Organisasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Nurhadijah. 2017. Studi tentang Budaya Kerja Pegawai Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Penajam Paser Utara. Journal Administrasi Negara, 5(1): 5476-5489
Peraturan Pemerintah. No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan. Purwanto, Ngalim. 2012. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990 Pasal 12 Ayat 1. Pendidikan Dasar.
Purwanto, N. A (2019). Kepemimpinan Pendidikan. Yogyakarta: Interlude.
Sennen, E. (2017). Problematika Kompetensi dan Profesionalitas Guru. Prosiding Seminar Nasional, 16-21.
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sumanto (2014). Teori Dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: Pt. Buku Seru.
Riduwan, 2015. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rugaiyah, Dkk (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan. Suka Bumi: Cv Jejak.
Rukaesih A. Maolani Dan Ucu Cahyana (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Pt Rajagrafido.
Rulam, A (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sagala, Syaiful H. 2010. Supervisi Pembelajaran Sekolah Profesi Pendidikan: Membantu Mengatasi Kesulitan Guru Memberikan Layanan Bemutu. Bandung: Alfabeta.
Susi, A (2020). Dimensi Dan Indikator Kepemimpinan Dan Budaya Organisas Yang Mempengaruhi Pemberdayaan. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(03), 352-353. Umar Sidiq & Khoirussalim (2021). Kepemimpinan Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya.
Uung Runalan S. & Maman Herman ( 2017). Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah. Jurnal Ijemar, 01(02), 99100., 2016 b. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surya, Mohamad. 2015. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi: dan Guru untuk Guru. Bandung: Alfabeta.
Suryani, Susi. 2009. Pengaruh Budaya Kerja terhadap Kinerja Guru dalam Proses Belajar Mengajar Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan Kecamatan Prambanan. Diakses Tanggal 30 Maret 2019. . 2014. Statistika untuk Penelitian.Bandung: Alfabeta.
Suyanto. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga
Suwandi. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Kerja dan Komitmen Kerja terhadap Profesionalisme Guru. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan. Vol. 4,No. 1 . Diakses Tanggal 30 Maret 2019.
Tim Dosen Kependidikan. 2015. Guru Yang Profesional. Bandung: Alfabeta.
Tobari.2015. Membangun Budaya Organisasi pada Instansi Pemerintahan.Yogyakarta: Dee Publish.
Suriandi & Trio Supriyatno (2021). Profesionalisme Guru Berbasis Religius. Malang: Literasi Nusantara.
Surya, Mohamad. 2015. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi: dan Guru untuk Guru. Bandung: Alfabeta.
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen.
Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.





















