ANALISIS UNSUR MATHEMMATICS PADA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN STEAM UNTUK ANAK USIA DINI

Authors

  • Rizky Robi’atul Badriyah
  • Heri Yusuf Muslihin
  • Edi Hendri Mulyana

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v2i2.14246

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang penting dalam kehidupan. Para peneliti telah mengamati anak-anak pada  saat bermain dan mencatat bahwa pemikiran matematika sering muncul dalam peraturan bermain. Maka sudah menjadi tugas guru untuk megembangka konsep pembelajaran bermain sambil belajar yang khususnya di PAUD yaitu dengan pembelajaran STEAM (Science, Technology, Enginering, Art and Mathematics) ditinjau dari unsur mathematics. Konsep pembelajaran STEAM dapat  membantu mendukung keingintahuan itu melalui pengalaman dan peluang bagi mereka untuk terlibat dalam pembelajaran dan bermain mathematics karena dalam pembelajaran STEAM, anak-anak sering bermain dan terlibat dalam dunia angka, geometri, dan pengukuran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dasar kebutuhan analisis unsur mathematics pada pengembangan pembelajaran STEAM subtema kendaraan darat untuk anak usia dini. Metode yang digunakan yaitu EDR (Educational Design Reseach) dengan meninjau tahapan satu yaitu analisis dan eksplorasi. Kesimpulannya bahwa dasar kebutuhan analisis unsur mathematics dalam pengembangan kemampuan mathematics untuk anak  sangat berpengaruh terhadap proses berpikir anak pada seluruh aspek perkembangannya.

Downloads

Published

2023-05-23

How to Cite

Rizky Robi’atul Badriyah, Heri Yusuf Muslihin, & Edi Hendri Mulyana. (2023). ANALISIS UNSUR MATHEMMATICS PADA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN STEAM UNTUK ANAK USIA DINI. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(2), 99–112. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i2.14246