IMPLEMENTASI METODE BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS 3 SD/MI

Authors

  • Ayuni Nurkholifah Maulida Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Muhammad Fahri Universitas Ibn Khaldun
  • Reni Sinta Dewi Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v4i4.14623

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan implementasi metode Beyond Center and Circle Time (BCCT)  dalam membangun pendidikan karakter peserta didik di SD/MI. Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah saat kasus Covid-19 sedang melonjak  dua tahun kebelakang yang mengakibatkan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Hal tersebut menyebabkan menurunnya karakter anak bangsa yang ditandai dengan berkurangnya motivasi belajar, kemandirian, dan rasa hormat serta ketidakmampuan dalam menerima pembelajaran. Sehingga perlu adanya penguatan karakter kembali melalui proses pendekatan metode pembelajaran. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan perubahan pada pola pendidikan, dengan muncunya beberapa masalah sosial yang dihadapi oleh generasi bangsa, serta pengaruh negatif dari media sosial. Dalam upaya memenuhi kebutuhan tersebut, proses pembelajaran telah bertansformasi  dengan memperkenalkan metode pembelajaran yang sesuai tahap perkembangan peserta didik. Dalam mengimplementasikan metode pembelajaran tersebut dibutuhkan peran penting seorang guru. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga tahap, 1) observasi, 2) wawancara, 3) dokumentasi Penelitian dilakukan di kelas 3 SD Bosowa Bina Insani. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode BCCT dapat membangun pendidikan karakter melalui empat tahap pijakan dalam posisi circle, discipline with love, dan program pembiasaan sekolah berbasis karakter.

Kata kunci : Beyond Center and Circle Time, Pendidikan Karakter , Implementasi BCCT

 

Downloads

Published

2023-10-07

How to Cite

Maulida, A. N., Muhammad Fahri, & Reni Sinta Dewi. (2023). IMPLEMENTASI METODE BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS 3 SD/MI. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(4), 287–303. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i4.14623