Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas IV Materi Volume Bangun Ruang melalui Model Experiential Learning Berbantuan Alat Peraga

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas IV Materi Volume Bangun Ruang melalui Model Experiential Learning Berbantuan Alat Peraga

Authors

  • Afifatul Musyafiah PPG PGSD UNIVERSITAS PGRI MADIUN
  • Davi Apriandi PPG PGSD UNIVERSITAS PGRI MADIUN
  • Ida Sriyami SDN Geneng 4

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v4i4.14650

Abstract

Hasil pengamatan yang telah dilakukan menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik di Kelas IV masih dibawah rata-rata dikarenakan dalam proses pembelajaran guru masih belum menggunakan media dan model pembelajaran yang menarik dan memudahkan peserta didik dalam pemahaman materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Volume Bangun Ruang peserta didik di kelas IV SDN Geneng 4 tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan model Experiential Learning berbantuan media alat peraga bangun ruang melalui kegiatan eksperimen dan observasi untuk memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran. Partisipan dalam penelitian ini yaitu 10 peserta didik kelas IV SDN Geneng 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media alat peraga dan model Experiential Learning secara signifikan meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik dalam materi volume bangun ruang sebesar 70% pada siklus pertama dan 100% pada siklus kedua. Terjadi peningkatan yang signifikan pada skor rata-rata peserta didik yaitu ketika tes pre-test yang dilaksanakan ketika pra siklus sebesar 59 sedangkan skor rata-rata ketika tes post-test yang dilaksanakan setelah siklus kedua sebesar 86. Penggunaan media alat peraga dan model Experiential Learning mampu meningkatkan keterlibatan yang lebih tinggi dari peserta didik selama proses pembelajaran serta pemahaman peserta didik terhadap materi volume bangun ruang.

Kata kunci : Hasil Belajar; Volume bangun ruang; Model Experiential Learning

Downloads

Published

2023-10-07

How to Cite

Afifatul Musyafiah, A., Davi Apriandi, D., & Ida Sriyami, I. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas IV Materi Volume Bangun Ruang melalui Model Experiential Learning Berbantuan Alat Peraga: Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas IV Materi Volume Bangun Ruang melalui Model Experiential Learning Berbantuan Alat Peraga. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(4), 304–313. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i4.14650