IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS V SDN SINGGAHAN 01

Authors

  • chosita primadani Universitas PGRI Madiun
  • Dwi Rohman Soleh Universitas PGRI, Madiun
  • Siti Maro'ah SDN Singgahan 01 Madiun

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v4i3.14672

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas V di SDN Singgahan 01 melalui implementasi model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian tindakan kelas dilakukan selama empat siklus dengan melibatkan 14 siswa.

Model Discovery Learning mengubah materi tematik menjadi aktivitas eksplorasi mandiri dan kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Discovery Learning secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, motivasi, dan partisipasi siswa. Siswa menunjukkan antusiasme dan minat yang tinggi terhadap pembelajaran tematik.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas V. Rekomendasi yang diusulkan adalah penerapan terus-menerus model ini dan penyesuaian materi tematik sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa.

Downloads

Published

2023-07-18

How to Cite

primadani, chosita, Dwi Rohman Soleh, & Siti Maro’ah. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS V SDN SINGGAHAN 01. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 274–280. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i3.14672