Peningkatan Hasil Belajar Kelas 2A Materi Huruf Kapital Melalui Model Kooperatif Jigsaw

Authors

  • MELISA YULIANASARI UNIVERSITAS PGRI MADIUN
  • Soirah Universitas PGRI Madiun
  • Reza Kusuma Setyansah Universitas PGRI Madiun
  • Octarina Hidayatus Sholikhah Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v4i4.14714

Abstract

Perihal dasar dari penelitian ini yakni terdapat permasalahan kelas 2A SDN 1 Balong masih menggunakan model pembelajaran yang kurang menarik, monoton, dan tidak adanya sesi diskusi dengan teman sejawat. Guru cenderung menggunakan metode ceramah dan penugasan mandiri. Hal ini berakibat pada kurangnya keaktifan, kurangnya pemahaman siswa terhadap materi, dan hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model kooperatif Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar materi huruf kapital kelas 2A SDN 1 Balong. Pelaksanaan penelitian ini, berjeniskan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dikembangkan oleh Kurt Lewin dan terdapat 2 siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan subjek siswa kelas 2A SDN 1 Balong yang terdiri dari 16 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan hasil belajar meningkat. Dibuktikan dari penerapan oleh guru pada siklus I mencapai 87 % dan pada siklus II mencapai 92,5 %. Hasil belajar siklus I pada siswa menunjukkan ketuntasan kelas mampu mencapai 81,25 % dan pada siklus II mencapai 93,75 %. Hasil penelitian tersebut berhasil meningkat dibandingkan dengan pra siklus yang hanya sebanyak 37,5 %. Kesimpulan dari penelitian ini yakni dengan penerapan model kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar kelas 2A materi huruf kapital SDN 1 Balong Ponorogo.

 

Downloads

Published

2023-10-07

How to Cite

MELISA YULIANASARI, Soirah, Reza Kusuma Setyansah, & Octarina Hidayatus Sholikhah. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kelas 2A Materi Huruf Kapital Melalui Model Kooperatif Jigsaw. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(4), 340–352. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i4.14714