Analisis Penerapan Pendidikan Karakter di Kelas 4 SD Negeri Jamsaren 1 Kota Kediri

Authors

  • Ghea Natasha Damayanti Tutik Rahayu Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v5i2.14954

Abstract

 Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman bahwa Guru SD Negeri Jamsaren 1 Kota Kediri berhasil menerapkan Pendidikan Karakter di kelas 4. Sehingga dapat menciptakan siswa yang memiliki karakter yang baik sesuai dengan apa yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari karakter siswa selama melaksanakan kegiatan di sekolah, kerjasama antar pihak sekolah, orang tua siswa, dan pihak diluar sekolah, seperti masyarakat dan pihak terkait. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter dan apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dialami selama menerapkan pendidikan karakter di kelas 4 SD Negeri Jamsaren 1 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek siswa kelas 4. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu observasi di lapangan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pendekatan yang dilakukan oleh penulis pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Jenis peneltian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian deskriptif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Guru kelas 4 memberikan penguatan nilai-nilai pendidikan karakter melalui pemberian pengertian makna dan membimbing siswa dalam menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter seperti religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas saat maupun diluar pembelajaran. Guru bekerja sama dengan berbagai pihak seperti warga sekolah, orang tua siswa, dan pihak di luar sekolah. 

Downloads

Published

2024-03-16

How to Cite

Tutik Rahayu, G. N. D. (2024). Analisis Penerapan Pendidikan Karakter di Kelas 4 SD Negeri Jamsaren 1 Kota Kediri. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 5(2), 161–170. https://doi.org/10.32832/jpg.v5i2.14954