PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA

Authors

  • Elisa Ermawati Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Agrissto Bintang Aji Pradana Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Ari Suryawan Universitas Muhammadiyah Magelang

Abstract

Pembelajaran IPA materi manusia dan lingkungan merupakan salah satu materi yang tergolong mudah tetapi untuk tingkat berpikir siswa dalam materi ini tergolong masih rendah. Hal ini mengakibatkan kemampuan berpikir kritis mereka masih kurang baik, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V yang ada di Desa Sambong Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian Pre Experimental Design  dengan tipe One-Grup Pretest-posttest design. Dengan pengambilan sampel siswa sebanyak 24 yang akan dijadikan sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampeling jenuh. Pengumpulan data menggunakan tes uraian. Tes dilakukan guna menguji sejauh mana siswa mengalami peningkatan dalam berpikir kritis sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas,  dan uji hipotesis yang meliputi uji t (Paired Sampel T-Test)  dengan program SPSS versi 25.0. Hasil menunjukan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, hasil menunjukan perbandingan hasil pretest rata-rata 52,54 dan hasil posttest rata-rata 79,75 dengan hal ini menunjukan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA.

Kata kunci : Problem Based Learning; Berpikir Kritis; IPA

Downloads

Published

2024-03-16

How to Cite

Elisa Ermawati, Pradana, A. B. A., & Suryawan, A. (2024). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 5(2), 153–160. Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/view/15005