Sudahkah Guru Siap Melaksanakan "Merdeka Belajar" dalam Konteks Asesmen Nasional?

Suatu Kajian Fenomenologi Di Sekolah

Authors

  • Ervian Arif Muhafid Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Caly Setiawan Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v5i2.15857

Abstract

Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan “Merdeka Belajar” diantara isinya adalah pergantian sistem evaluasi pendidikan secara nasional yang dahulu dikenal dengan sebutan Ujian Nasional saat ini berganti menjadi Asesmen Nasional (AN).Tujuan dari penelitian ini adalah menyelidiki kesiapan guru dalam melaksanakan program “merdeka belajar” dalam konteks asesmen nasional. Metode penelitian ini adalah  kualitatif dengan jenis fenomenologi. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru SD, SMP, SMA dan SMK di Indonesia yang diwawancara secara terbuka. Hasil wawancara dianalisis menggunakan bantuan program ATLAS.ti 9. Hasil penelitian ini menghasilkan tema-tema gambaran kesiapan guru dalam pelaksanaan asesmen nasional. Tema-tema tersebut diantaranya Pemahaman tentang asesmen nasional, Peran sekolah pada asesmen nasional, Ketersediaan Standar Operasional Prosedur  asesmen nasional serta Kesiapan siswa menghadapi asesmen nasional.

Downloads

Published

2024-05-11

How to Cite

Arif Muhafid, E., & Caly Setiawan. (2024). Sudahkah Guru Siap Melaksanakan "Merdeka Belajar" dalam Konteks Asesmen Nasional? Suatu Kajian Fenomenologi Di Sekolah. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 5(2), 285–293. https://doi.org/10.32832/jpg.v5i2.15857