Penggunaan Metode Detektif Kata Dalam Meningkatkan Kosa Kata Dalam Bahasa Inggris di SD Istianah Terpadu Kota Sorong

Penulis

  • Ahmad Wael Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Dian Saputra Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rezkiah Hartanti Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rizal Akib Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Kris Uluelang Universitas Muhammadiyah Sorong

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode detektif kata dalam meningkatkan kosa kata Bahasa Inggris terhadap materi bagian-bagian tubuh dan perkenalan diri pada kelas 4 SD Istianah Terpadu Kota Sorong. Peneliti melakukan penelitian ini dikarenakan observasi yang dilakukan menemukan bahwa siswa kesulitan dalam memahami kosa kata Bahasa Inggris. Metode yang dilakukan pada penelitian ini yaitu eksperimen yang dilakukan dengan memberikan pre-test setelah itu siswa diberikan perlakukan dengan menggunakan metode detektif kata, setelah  diberikan perlakukan maka siswa diberikan post-test untuk mengukur kemampuan siswa terhadap metode yang digunakan.  Sebanyak 15 siswa-siswa yang dilibatkan sebagai sampel dari penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah total nilai pada pre-test berjumlah 780 meningkat pada post-test menjadi 1360. Rata-rata nilai pada pre-test adalah 51,0% meningkat pada post-test menjadi 90,6% pada pre-test siswa yang tuntas berjumlah 3 atau 20% sedangkan siswa yang tidak tuntas berjumlah 12 atau 80%. Sedangkan pada post-test siswa yang tuntas berjumlah 14 atau 93% dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 1 atau 7%. 

Kata Kunci :  Metode detektif; Kosa kata ; Bahasa Inggris.

Diterbitkan

2024-04-02

Cara Mengutip

Wael, A., Saputra, D., Hartanti, R., Akib, R., & Uluelang, K. (2024). Penggunaan Metode Detektif Kata Dalam Meningkatkan Kosa Kata Dalam Bahasa Inggris di SD Istianah Terpadu Kota Sorong. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 5(2). Diambil dari https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/view/16314