Efektivitas Penggunaan Media PowerPoint Terhadap Motivasi Belajar Biologi Pada Siswa SMK Negeri Perikanan Wini-TTU
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpg.v6i2.18460Abstract
Media pembelajaran PowerPoint merupakan salah satu cara alternatif untuk menjembatani kesenjangan akses informasi pembelajaran di wilayah yang memiliki keterbatasan teknologi digital. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas media PowerPoint dalam meningkatkan tingkat motivasi siswa yang mengikuti mata pelajaran biologi di SMK Perikanan Wini, Kabupaten TTU. Metode deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengklarifikasi indikator dari variabel-variabel dan tidak ditujukan untuk menguji hipotesis. Pengumpulan data dilakukan menggunakan panduan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa merasa senang dan sangat termotivasi mengikuti mata pelajaran biologi yang dilakukan guru menggunakan media PowerPoint. Siswa tertarik mengikuti mata pelajaran biologi yang diajarkan guru melalui media pembelajaran PowerPoint, namun materi yang diberikan guru tidak mengembangkan contoh-contoh faktual. Siswa sangat termotivasi untuk fokus pada media pembelajaran PowerPoint, namun kurang termotivasi untuk berpartisipasi dalam diskusi tentang isi materi pelajaran biologi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa media PowerPoint memiliki potensi untuk meningkatkan motivasi siswa secara signifikan dalam pembelajaran biologi di SMK Negeri Perikanan Wini Kabupaten TTU.
Kata kunci : Ketertarikan; Motivasi; Partisipasi; Perasaan; Perhatian.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dorentiana Nesi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.