Peran Guru PPKn dalam Menginternalisasi Nilai Toleransi Beragama di SMPN 2 Sekongkang

Authors

  • Baiq Hanna Aulia Sukmawati Universitas Mataram
  • Yuliatin Universitas Mataram
  • Bagdawansyah Alqadri Universitas Mataram
  • Sawaludin Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v6i2.18605

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam menginternalisasi nilai toleransi beragama di SMPN 2 Sekongkang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PPKn berperan penting dalam menanamkan nilai toleransi melalui pengajaran yang interaktif, menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, dan menjadi teladan bagi siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru meliputi kepribadian, keterampilan mengajar, dan keterampilan komunikasi. Namun, terdapat tantangan seperti keterbatasan waktu pembelajaran dan pengaruh lingkungan luar yang dapat menghambat proses internalisasi nilai-nilai toleransi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran nilai-nilai toleransi di sekolah.

Keywords : Peran Guru , internalisasi, nilai toleransi

 

Abstract

This study aims to analyze the role of Citizenship Education (PPKn) teachers in internalizing religious tolerance values at SMPN 2 Sekongkang. A qualitative approach was employed using observation, interviews, and document studies. The results indicate that PPKn teachers play a crucial role in instilling tolerance values through interactive teaching, creating an inclusive learning environment, and serving as role models for students. Factors influencing the teachers' roles include personality, teaching skills, and communication skills. However, challenges such as limited teaching time and external environmental influences can hinder the internalization process of tolerance values. This research is expected to provide recommendations to enhance the effectiveness of teaching tolerance values in schools.

Downloads

Published

2025-04-12

How to Cite

Baiq Hanna Aulia Sukmawati, Yuliatin, Bagdawansyah Alqadri, & Sawaludin. (2025). Peran Guru PPKn dalam Menginternalisasi Nilai Toleransi Beragama di SMPN 2 Sekongkang. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 6(2), 220–229. https://doi.org/10.32832/jpg.v6i2.18605