MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI DAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENARI DI TK IT BUNGA MUFIIDAH CIBINONG
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpg.v6i1.18906Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui kegiatan menari di TK IT Bunga Mufiidah Cibinong. Kegiatan menari dipilih karena dinilai efektif untuk mengembangkan aspek motorik dan sosial-emosional anak. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap 18 siswa kelompok B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menari berhasil meningkatkan rasa percaya diri anak dalam berbicara di depan umum, berpartisipasi dalam aktivitas sosial, dan berekspresi melalui gerakan. Selain itu, kecerdasan kinestetik anak juga meningkat secara signifikan, terutama dalam aspek koordinasi tubuh, kesadaran ruang, kreativitas gerakan, dan kemampuan merespons umpan balik. Berdasarkan temuan ini, kegiatan menari dapat diimplementasikan secara lebih luas dalam pendidikan anak usia dini sebagai metode pembelajaran yang menyenangkan dan mendukung perkembangan holistik anak. Simpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa kegiatan menari berkontribusi signifikan dalam meningkatkan rasa percaya diri dan kecerdasan kinestetik anak usia dini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Septiyani Endang Yunitasari, Lelly Lenny
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.