Upaya Guru PPKn dalam Menanamkan Sikap Peduli Sosial Siswa MTs Raudlatul Ulum Batu Jangkih

Authors

  • Ayuni Astira Universitas Mataram
  • Lalu Sumardi
  • Edy Kurniawansyah
  • Sawaludin Universitas Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v6i2.19325

Abstract

Tujuan penelitian : 1) Mengetahui upaya guru PPKn dalam menanamkan sikap peduli sosial siswa di MTs Raudlatul Ulum Batu Jangkih. 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru PPKn dalam menanamkan sikap peduli sosial siswa di MTs Raudlatul Ulum Batu Jangkih. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptiif, jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa guru PPKn di MTs Raudlatul Ulum Batu Jangkih melakukan upaya dalam menanamkan sikap peduli sosial dengan mendidik siswa di dalam kelas maupun di luar kelas  yaitu dengan memberi keteladanan, pembiasaan, memberi teguran serta mendidik siswa melalui kegiatan-kegiatan sosial yang ada di sekolah maupun di masyarakat. Kesimpulannya, bahwa upaya yang dilakukan oleh Guru PPKn sudah baik, terbukti dari sikap maupun perilaku positif yang ditunjukkan oleh siswa pada saat menjalaankan kegiatan-kegiatan tersebut. Faktor pendukung dan penghambat berasal dari dalam (internal) dan luar (eksternal). Kedua hal tersebut mempengaruhi usahanya dalam menanamkan sikap peduli sosial siswa.

Downloads

Published

2025-04-12

How to Cite

Ayuni Astira, Lalu Sumardi, Edy Kurniawansyah, & Sawaludin. (2025). Upaya Guru PPKn dalam Menanamkan Sikap Peduli Sosial Siswa MTs Raudlatul Ulum Batu Jangkih. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 6(2), 251–262. https://doi.org/10.32832/jpg.v6i2.19325