Rekontruksi Desain Kegiatan Laboratorium Materi Bioteknologi Melalui Pendekatan Diagram Vee
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merekontruksi desain kegiatan laboratorium (DKL) pada materi bioteknologi di SMA melalui pendekatan diagram vee sebagai upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran praktikum. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui beberapa tahapan dengan pendekatan ANCORB (Analisis, Coba, dan Rekontruksi). Instrumen penelitian berupa rubrik pada analisis aspek konseptual, prosedural, dan kontruksi pengetahuan berdasarkan Diagram Vee. Hasil analisis menunjukkan bahwa DKL yang ada masih kurang memenuhi standar kompetensi dasar, terutama pada aspek tujuan praktikum, pertanyaan fokus, dan pencatatan hasil pengamatan. Rekontruksi DKL yang dikembangkan mampu memperbaiki kekurangan tersebut dengan menekankan keterkaitan antara teori, pengalaman praktikum, dan proses kontruksi pengetahuan siswa. Inovasi pada desain DKL ini dapat meningkatkan keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis, pemecahan masalh, dan kolaborasi. Dengan demikian, DKL hasil rekontruksi diharapkan dapat dijadikan pedoman bagi guru maupun calon guru dengan tujuan mampu meminimalisirkan kesalahan pemahaman atau miskonsepsi dan dapat meningkatkan kualitas proses belajar pembelajaran baik secara teori maupun praktik.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Yena Harmelayati, Kusnadi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.














