Optimalisasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Melalui Ajaran Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Karakter Siswa di SDN 3 Renon Denpasar

Optimalisasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Melalui Ajaran Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Karakter Siswa di SDN 3 Renon Denpasar

Authors

  • I Nyoman Sudianta Prodi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini bertjuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis strategi-strategi yang dapat diimplementasikan oleh pemimpin sekolah dalam mengoptimalkan kepemimpinan berbasis Tri Hita Karana. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dapat menggunakan pendekatan studi kasus untuk mendalami penerapan Tri Hita Karana dalam kepemimpinan sekolah di SD. Dengan cara ini, peneliti dapat mengumpulkan data yang mendalam mengenai praktik kepemimpinan, interaksi antara pemimpin dan stakeholder, serta dampaknya terhadap karakter siswa. Teknik pengumpulan data yakni wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua untuk mendapatkan perspektif yang beragam mengenai penerapan Tri Hita Karana. Observasi langsung di lingkungan sekolah untuk melihat interaksi dan praktik yang dilakukan dalam konteks Tri Hita Karana. Analisis dokumen, seperti visi dan misi sekolah, kurikulum, dan program pengembangan karakter. Hasil Penelitian ini adalah kepemimpinan Tri Hita Karana di sekolah tertuang di dalam Visi, ketercapaian indikator visi, misi, kegiatan pembelajaran, dan ekstrakulikuler yang diadakan oleh SDN 3 Renon Denpasar. Pada visi dan indikator ketercapaian dari visi SDN 3 Renon Denpasar telah mencerminkan konsep Tri Hita Karana, seperti parahyangan yakni:  beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia. Pawongan prestasi akademik, terampil, berbudaya, berkebhinekaan global, mandiri, bernalar kritis, bergotong royong dan kreatif. Pada kosep palemahan ikut serta dalam pelestarian lingkungan. Pada kegiatan pembelajaran aspek parahyangan terlihat ketika pelaksanaan kegiatan keagamaan, pawongan: kegiatan rapat oleh kepala sekolah dan kegiatan supervisi, kegiatan ekstrakulikuler tari, pramuka, dan pencak silat yang diikuti siswa SDN 3 Renon. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat melaksanakan penelitian kuantitatif untuk memperoleh gambaran lebih konkret mengenai pelaksanaan kepemimpinan berbasis Tri Hita Karana terhadap karakter siswa sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-07-02

How to Cite

Sudianta, I. N. (2025). Optimalisasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Melalui Ajaran Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Karakter Siswa di SDN 3 Renon Denpasar: Optimalisasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Melalui Ajaran Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Karakter Siswa di SDN 3 Renon Denpasar. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 6(3), 396–407. Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/view/20286