Peran Observer Pengelolaan Kinerja Guru dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Multi Situs di SMKN 1 Cerme dan SMKN 1 Sidayu)
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpg.v6i3.20779Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis peran observer pengelolaan kinerja guru dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Latar belakang penelitian ini berangkat dari indeks pendidikan di Gresik pada 2024 dengan salah satu dimensi terendah yaitu kualitas pengajar. Sejalan dengan hal tersebut, Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah yang diterbitkan Kemdikbudristek menegaskan bahwa pengelolaan kinerja guru dilakukan melalui sistem aplikasi ruang GTK merupakan alat bantu yang disediakan bagi guru dan kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas kinerja dan kompetensi secara berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi multi-situs yang dilakukan di SMKN 1 Cerme dan SMKN 1 Sidayu, Kabupaten Gresik. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Analisis dilakukan melalui teknik analisis data tunggal dan multi situs. Pada tahap perencanaan kinerja guru di pengelolaan kinerja guru, observer sebagai pendamping dengan menerapkan pendekatan Management by Objectives (MBO) yang menitikberatkan pada diskusi untuk menentukan indikator dan target perilaku kinerja sesuai dengan kebutuhan dan selaras dengan arah kebijakan sekolah. Peran observer pada tahap pemantauan kinerja guru di pengelolaan kinerja guru dilakukan dengan pendekatan coaching dan membersamai, bukan bersifat menggurui dan menghakimi, dengan memfokuskan pada capaian target perilaku sesuai rubrik observasi sehingga upaya perbaikan untuk meningkatkan mutu pembelajaran bisa tercapai. Peran observer pada tahap pembinaan kinerja guru di pengelolaan kinerja guru dilakukan dengan pendekatan apresiatif dan konsultan yang menitikberatkan pada perbaikan, peningkatan, dan tindak lanjut dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan alternative pendekatan pendampingan yang bisa dilakukan oleh observer pengelolaan kinerja guru di ruang GTK agar hasil yang diperoleh bisa maksimal sesuai tujuan dibuatnya sistem aplikasi ruang GTK.
Kata Kunci: Observer, Pengelolaan Kinerja Guru, Mutu Pembelajaran, Studi Multi Situs
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khusnul Khuluq, Ainur Rifqi; Yatim Riyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.














